EmitenNews.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menyampaikan bahwa perseroan telah menyelesaikan transaksi afiliasi yakni pengambilalihan saham atau PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma). Pengambilalihan saham TelkomSigma bernilai sebesar Rp2.599.999.999.590.

 

Direktur Strategic Portfolio TLKM, Budi Setyawan Wijaya dalam keterangan resmi hari ini Senin (9/5) menuturkan bahwa pada tanggal 28 April 2022, telah dilakukan Transaksi Afiliasi berupa Pengambilalihan Saham TelkomSigma dengan Cara Penyetoran Uang oleh Telkom, dalam rangka penguatan dan transformasi TelkomSigma sesuai rencana strategis transformasi yang merupakan bagian dari strategi grup yang menjadikan TelkomSigma sebagai anak perusahaan Telkom.

 

"Hal ini merupakan salah satu inisiatif strategis untuk mengakselerasi Telkom Sigma menjadi B2B IT Digital Service Leader Company," tulis Budi

 

Sebagai informasi saja, TelkomSigma merupakan anak perusahaan dari PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) dengan kepemilikan 100% sejak 14 April 2022. Sementara TelkomMetra merupakan Anak Perusahaan dari Telkom dengan kepemilikan sebesar 99,99%. Setelah transaksi afiliasi ini maka kepemilikan saham TelkomSigma menjadi 56,39% dimiliki oleh Telkom dan 43,61% dimiliki oleh TelkomMetra.