EmitenNews.com - Pemerintah akan menjamin ketersediaan vaksin virus Corona (Covid-19) bagi anak berusia 6-11 tahun. Bio Farma sebagai pemilik izin edar dari vaksin Covid-19 Sinovac berupaya menyediakan vaksin ini, setelah keuarnya keputusan tentang vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin asal pabrikan China tersebut.


"Seperti pada pendistribusian vaksin sebelumnya, kami akan melakukan pendistribusian setelah program ini disahkan dan saat kami mendapatkan perintah pengalokasian dari Kementerian Kesehatan," ujar Juru Bicara sekaligus Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa (2/11/2021).


Sejak Januari sampai Oktober 2021, untuk vaksin Sinovac saja Bio Farma telah mendistribusikan sebanyak 186,3 juta dosis ke seluruh Indonesia. Sejauh ini total vaksin Covid-19 yang sudah terdistribusi sejak Januari 2021 - akhir Oktober 2021 sebanyak 226,6 juta dosis.


Seperti diketahui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menerbitkan izin penggunaan vaksin Sinovac untuk anak usia 6 hingga 11 tahun merujuk pada hasil penilaian keamanan dan kekebalan yang ditimbulkan terhadap Covid-19. Kepala Badan POM, Penny Kusumastuti Lukito, penerbitan izin penggunaan vaksin COVID-19 untuk anak menjadi hal urgen dilakukan. Pasalnya, saat ini sekolah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka, meski masih secara terbatas.


Dalam laporan hasil uji klinik itu disebutkan bahwa efek samping yang muncul akibat vaksinasi serupa dengan kelompok anak usia 11 sampai 17 tahun yaitu sekitar 11 persen hingga 17 persen dari total subjek uji klinik. Jadi, akhirnya diputuskan anak usia 6-11 tahun juga bisa menjalani vaksinasi Covid-19. ***