EmitenNews.com - Tenang! Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan pasokan listrik di seluruh Nusantara tetap andal saat perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Jadi, umat muslim, tetaplah tenang beribadah sampai hari kemenangan itu tiba.

"Energi primernya aman, jadi stok batu bara di kami rata-rata 20-an hari," ucap Dirut PLN Darmawan Prasodjo, di Gresik, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2024).

Bisa dipastikan kondisi saat ini, lebih baik, bahkan jauh lebih baik, semisal dibandingkan dengan kondisi dua tahun lalu. Saat itu, ketersediaan batu bara untuk menyuplai kebutuhan listrik di Indonesia sangat menipis.

Saat ini, 2024, bukan hanya stok batu bara, persediaan gas maupun bahan bakar minyak (BBM) milik PLN juga aman.

"Kondisi energi primer sangat aman, pembangkitnya aman, transmisinya aman dan kehandalan juga kami tingkatkan," katanya.

Untuk menjamin kinerja tetap prima dalam menyongsong liburan panjang Lebaran 2024, PLN telah membangun 2.700 posko di seluruh Indonesia dan mengerahkan lebih dari 81 ribu petugas agar pasokan listrik saat Idul Fitri bisa andal.

Sebanyak 81 ribu lebih personel itu, berasal dari berbagai tim. Di antaranya, urai Darmawan Prasodjo, tim pembangkitan, energi primer, transmisi dan distribusi. “Kami menugaskan petugas kami untuk bisa betul-betul melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya." 

Dengan segala persiapan tersebut Darmawan Prasodjo berharap perayaan Idultitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 bisa berjalan aman dan lancar.

Penting diketahui, rata-rata daya mampu pembangkit (DMP) pasokan listrik di Indonesia saat ini sebesar 51.350 megawatt, dengan beban puncak (BP) mencapai 32.749 megawatt yang diprediksi terjadi pada 1 Syawal 1445 Hijriah.

Dengan kondisi ini, PLN dipastikan memiliki cadangan listrik 18.602 Megawatt selama perayaan Idulfitri 2024.

Jadi, umat muslim tetaplah tenang dalam beribadah. Pasokan listrik aman dan terkendali. ***