EmitenNews.com -PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) terus mendorong penerapan model bisnis berkelanjutan dan  green investment  oleh pelaku usaha di Indonesia, karena implementasi  sustainability  tidak dapat hanyadilakukan oleh bank.

 

"Namun harus melibatkan semua pihak untuk berkolaborasi, sehingga semakin banyak yang menerapkan bisnis berkelanjutan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," ujar Direktur  Compliance, Corporate Affairs & Legal  CIMB Niaga Fransiska Oei.

 

Sebagai upaya nyata untuk mendukung keberlanjutan, per Juni 2023, CIMB Niaga telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan, termasuk pembiayaan UMKM , sebesar Rp 51,50 triliun atau setara dengan 25% dari total pembiayaan bank. Total porsi pembiayaan hijau sebesar Rp 32,51 triliun atau setara dengan hampir 16% dari total pembiayaan bank.

 

BNGA kembali menyelenggarakan The Cooler Earth Sustainability Summit. Acara yang digelar secara  hybrid  ini merupakan bagian dari rangkaian The Cooler Earth Sustainability Summit yang diinisiasi oleh CIMB Group dan digelar serentak di Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Kamboja mulai 11-21 September 2023.

 

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, mengusung tema  Sustainability in Action: Opportunities for a Better Tomorrow in  Indonesia,kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim, mengupayakan pembangunan berkelanjutan, serta menurunkan emisi Gas Rumah Kaca Hingga mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060, sebagaimana tertuang dalam dokumen Enhanced Nationally Determined Contribution ( ENDC ) Indonesia.

 

"CIMB Niaga Group juga berkomitmen mendukung isu ini dan sebagai salah satu  emerging banking  yang komit mencapai  net zero organization , diterjemahkan dengan inisiatif membangun ekosistem berkelanjutan," jelas Lani pada acara The Cooler Earth Sustainability Summit, di Jakarta, Rabu (13/9/2023).


Kegiatan tersebut mempertemukan para pakar dan pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk memaparkan sekaligus berdiskusi mengenai peluang bisnis dalam era transisi menuju ekonomi rendah karbon.


Sejak 2019, The Cooler Earth Sustainability Summit hadir sebagai misi CIMB Niaga untukmemobilisasi komitmen dan tindakan kolektif untuk membentuk masyarakat yang bertanggungjawab dan planet yang lebih layak huni.

 

"Melalui tema yang dibawakan tahun ini, CIMB Niaga akan lebih berfokus pada langkah-langkah yang perlu diambil untuk memanfaatkan isu-isu berkelanjutan dalam menjalankan bisnis, mengatasi tantangannya, sekaligus menangkap peluang baru yang hadir melalui keberlanjutan," kata Lani.

 

Selain konferensi, rangkaian acara The Cooler Earth Sustainability Summit di Indonesia juga dilakukan dengan kegiatan  workshop  bertema  "Waste Innovation to Upcycled Merchandise" bersama Liberty Society, pada 16 September 2023. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah positif keberlanjutan, dimana limbah kertas bank didaur ulang kembali, sehingga memiliki nilai ekonomis yang dapat digunakan menjadi merchandise atau hadiah bagi nasabah maupun karyawan.