EmitenNews.com -Capital A Berhad (Capital A atau Grup) pada hari ini, Jumat (5/5/2023) mengumumkan laporan operasional untuk segmen penerbangan, teknik, digital, dan logistik untuk kuartal I-2023.

 

Mulai dari kuartal I-2023, Capital A mengonsolidasikan keempat maskapai di bawah Grup, yang terdiri dari AirAsia Malaysia, AirAsia Thailand, PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) dan AirAsia Filipina (maskapai terkonsolidasi).

 

"Grup penerbangan kami telah membuat kemajuan yang signifikan di tahun baru, dengan penumpang dan kapasitas melebihi tingkat pemulihan 70%. Selain itu, digital dan bisnis logistik menuai hasilnya saat perjalanan lepas landas," ungkap manajemen Capital A dalam keterangan resminya, Jumat (5/5/2023).

 

"Fokus kami tetap mengaktifkan kembali semua dari 210 pesawat sambil memberikan pengalaman perjalanan yang mulus kepada para tamu kami," lanjutnya.

 

Di akhir kuartal, maskapai terkonsolidasi telah mengaktifkan 157 pesawat, di antaranya 142 yang beroperasi dan 15 adalah cadangan. Meningkatnya pesawat yang beroperasi disertai permintaan perjalanan yang kuat menghasilkan lalu lintas penumpang yang ikut menguat sebesar 13,2 juta, mewakili 153% dengan nilai pertumbuhan 11% secara tahunan (YoY) dan per kuartal (QoQ).

 

Secara grup, Capital A mengoperasikan 14,8 juta kursi, 71% dari level kuartal I-2019 dengan tingkat keterisian 89%, setara dengan level pra-pandemi.

 

Segmen penerbangan terus tumbuh kuat menuju pemulihan penuh, didukung oleh keberlanjutan permintaan untuk perjalanan internasional, bersamaan dengan dibukanya kembali China. Sebanyak 9 tujuan China diluncurkan kembali, dengan Guang Zhou dan Shen Zhen mendapatkan jumlah penumpang tertinggi yang diangkut.

 

Secara keseluruhan tingkat keterisian untuk rute China adalah 84%, mewakili 2,5% dari total internasional penumpang. Permintaan internasional yang konsisten mendorong semua maskapai penerbangan untuk meningkatkan kapasitas internasional sebesar 21%. Sementara pasar domestik tetap stabil dengan sedikit peningkatan sebesar 2% QoQ.

 

Untuk statistik operasi kuartal I 2023 secara khusus untuk AirAsia Indonesia, yakni Passenger Carried atau jumlah perolehan kursi yang diterbangkan sebanyak 1.223.287 kursi atau naik 221% dari periode yang sama tahun lalu sebesar 380.496 kursi.