EmitenNews.com—PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk pertama kalinya setelah menyelesaikan penawaran umum perdana saham (initial public offering atau IPO) bersejarah di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April 2022 silam. Manajemen mengajukan dan memperoleh persetujuan atas sepuluh agenda sebagaimana yang telah disampaikan dalam panggilan RUPST.

 

Andre Soelistyo, Direktur Utama GoTo menyampaikan, “Kami bersyukur telah menyelenggarakan RUPST pertama GoTo sebagai perusahaan terbuka dengan baik. Kami akan terus menjalankan bisnis dengan memperhatikan kepentingan seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan di dalam ekosistem kami. Setelah menumbuhkan bisnis i dan meningkatkan kinerja GoTo pada tahun pertama integrasi, GoTo terus berkomitmen untuk dapat menyediakan  layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara.”

 

Seluruh agenda yang memerlukan persetujuan telah disetujui, termasuk persetujuan atas Laporan Tahunan Perusahaan tahun 2021, dan pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perusahaan dan Entitas Anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2021.

 

Sebagai tambahan, para pemegang saham juga menyetujui rencana Perusahaan untuk menerbitkan saham baru tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu sebanyak-banyaknya 10% dari modal ditempatkan dan disetor Perusahaan, untuk dilaksanakan dalam satu tahun sejak tanggal persetujuan.

 

Manajemen Perusahaan turut melaporkan realisasi penggunaan dana hasil IPO Perusahaan kepada RUPST, sebagai bentuk pertanggungjawaban Perusahaan terhadap rencana hasil penggunaan dana yang telah dijabarkan dalam Prospektus IPO Perusahaan.


Sehubungan dengan pengawasan dan pengurusan Perusahaan, RUPST memutuskan: Menerima pengunduran diri Caesar Sengupta dari jabatannya sebagai Komisaris dan Kevin Bryan Aluwi dari jabatannya sebagai Direktur Perusahaan, berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST. Bapak Caesar Sengupta akan terus bertindak sebagai Komisaris  PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoTo Financial).

 

Mengangkat Kevin Bryan Aluwi sebagai Komisaris Perusahaan untuk menggantikan posisi Caesar Sengupta berlaku terhitung sejak ditutupnya RUPST, untuk masa jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perusahaan.


Dengan perubahan pada susunan Dewan Komisaris dan Direksi tersebut, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan menjadi sebagai berikut, terhitung sejak ditutupnya RUPST 2022 sampai dengan RUPST 2024:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama:Garibaldi Thohir
Komisaris Independen:Dirk Van den Berghe
Komisaris Independen:Robert Holmes Swan
Komisaris:William Tanuwijaya
Komisaris: Kevin Bryan Aluwi
Komisaris: Wishnutama Kusubandio

Direksi
Direktur Utama: Andre Soelistyo
Direktur: Wei-Jye Jacky Lo
Direktur: Anthony Wijaya
Catherine Hindra Sutjahyo
Direktur: Hans Patuwo
Direktur: Melissa Siska Juminto