EmitenNews.com - Kita kehilangan Ferry Mursyidan Baldan. Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu, meninggal dunia, Jumat (2/12/2022), setelah terserang penyakit jantung. Kabar kepergiannya juga beredar di sejumlah grup pertemanan, yang menunjukkan luasnya pergaulan mantan politikus Partai Golkar, dan Partai NasDem ini.


Kabar duka itu antara lain disampaikan oleh mantan Ketua Umum PB HMI Arief Rosyid, seperti dikutip dari akun Instagramnya. "Innalillahi wainnailaihi raji'un. Telah berpulang ke rahmatullah Kanda Ferry Mursyidan Baldan (Ketum PB HMI 1990-1992), pada hari ini di Jakarta. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu. Semoga diampuni segala dosa-dosanya."


Ferry Mursyidan Baldan lahir di Jakarta, 16 Juni 1961. Ia menamatkan pendidikan S1 dari FISIP Universitas Padjadjaran Bandung pada 1988. Sejak muda ia menempa diri pada berbagai organisasi kemahasiswaan, antara lain lewat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Badko, Jawa Barat. Keaktifannya dalam ormas kemahasiswaan ini mencapai puncaknya ketika ia dipercaya menjabat Ketua Umum PB HMI periode 1990-1992.


Setelah menamatkan kuliahnya Ferry menjadi peneliti Lapangan Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Bandung. Hal itu membuka jalannya ke dunia politik, melalui Partai Golkar. Ia kemudian terpilih menjadi anggota DPR periode 1999-2009.


Ferry Mursyidan Baldan sempat menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR. Sebagai anggota Fraksi Partai Golkar, ia juga diamanahi sebagai Ketua Pansus RUU Pemilu Legislatif yang menghasilkan UU Pemilu untuk Pemilu 2004.


Dalam organisasi Ferry pernah menjadi Sekjen DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) pada periode 1998-2003, kemudian sebagai Ketua DPP Kosgoro (1994-1999), keduanya onderbouw Partai Golkar.


Tetapi, Ferry kemudian pamit dari lindungan kerindangan Partai Beringin. Ia bergabung ke Partai NasDem. Pada partai yang dipimpin Surya Paloh itu, ia menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai NasDem.


Saat menjadi politikus NasDem itulah, Ferry Mursyidan Baldan diangkat menjadi Menteri ATR/Kepala BPN pada Oktober 2014. Sayangnya, dua tahun berselang, ia terkena reshuffle dari Kabinet Kerja Jokowi-JK (2014-2019).


Kini, Ferry Mursyidan Baldan telah pergi untuk selamanya. Ia terserang penyakit jantung di dalam mobil yang membawanya usai menghadiri sebuah kegiatan. ***