EmitenNews.com - Tim bulutangkis putra Indonesia gagal membawa pulang Piala Thomas 2022. Tim Merah Putih gagal mengatasi India, yang untuk pertama kalinya dalam sejarah memenangkan Thomas Cup. Dalam babak final yang dihelat di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022), India mengalahkan juara bertahan Indonesia 3-0.


Tim India, yang berlaga di final pertama kejuaraan beregu putra itu, meraih kemenangan pertama melalui Lakshya Sen yang berhasil menumbangkan andalan Indonesia Anthony Sinisuka Ginting, 1-0 untuk keunggulan India. Anthony Sinisuka Ginting harus mengakui keunggulan juniornya, Lakshya Sen 21-8, 17-21, 16-21.


Pada partai kedua, ganda Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan juga kalah 21-18, 21-23, 19-21 saat bersua Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Kemenangan India ini, dinodai oleh salah satu pemain mereka, Chirag Shetty. Pebulu tangkis berusia 24 tahun itu, menerapkan strategi delay atau mengulur waktu saat melawan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamoljo.


Chirag Shetty kerap mengulur-ngulur waktu hingga membuat konsentrasi Ahsan/Kevin pecah. Salah satu momen terlihat saat atlet asal Mumbai, India itu, mengulur waktu saat akan melakukan service, ditahan-tahan agak lama. Shetty juga menggerakan raketnya terlebih dahulu sebelum melakukan service. Atas ulahnya itu, Shetty sampai mendapat kartu kuning dari umpire. Sayangnya, sanksi itu dikeluarkan pada fase-fase akhir laga.


Pada laga ketiga, Jonatan Christie juga kalah 15-21, 21-23 dari Kidambi Srikanth dalam waktu 48 menit. Duel Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth merupakan partai ketiga final Thomas Cup 2022 yang bergulir di Lapangan 1 Impact Arena, Nonthaburi, Thailand. Ini pertandingan menentukan karena dua laga sebelumnya juga berakhir dengan kekalahan bagi tim Indonesia.


Kekalahan Jonatan cukup menyesakkan. Pasalnya, dalam sembilan kali pertemuannya dengan Kidambi sejak 2015, Jojo unggul 5-4. Pada pertandingan Korea Open, sebelum Thomas Cup, Jojo menang straight game 21-19, 21-16. Itu kemenangan kedua secara beruntun Jojo atas Kidambi sejak pergantian tahun. Sebelum itu, di Swiss Open.


Dengan kekalahan Jojo atas Kidambi itu, langsung memastikan India merebut Piala Thomas 2022. Dua partai lagi tidak dipertandingkan, karena tidak akan mengubah keadaan: Indonesia gagal mempertahankan Piala Thomas, yang baru tahun 2020 direbut setelah 19 tahun Indonesia kehilangan piala bulutangkis beregu putra itu.


Sedikit menengok ke belakang. Pada Minggu (17/10/2020), Indonesia membawa kembali Piala Thomas (2020) setelah 19 tahun. Indonesia merayakan kemenangan luar biasa itu setelah mengalahkan China 3-0 dalam pertandingan di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.


Ketika itu, pemain tunggal andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting sukses mengalahkan Lu Guangzu dengan skor 18-21, 21-14 dan 21-16. Pada partai kedua, Indonesia kembali unggul setelah Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto mengalahkan pasangan China He Jiting dan Zhou Ho Dong, dua set langsung 21-12 dan 21-19.


Pada partai ketiga, Jonatan Christie menjadi pemain kunci atas kemenangan Indonesia dalam Piala Thomas 2020. Jojo menumbangkan perlawanan LI Shi Feng dengan rubber game 21-14, 18-21 dan 21-14.


Sayang, pada Piala Thomas 2022, kesuksesan tersebut tidak terulang. Dengan kekalahan Indonesia itu, membuat India keluar sebagai juara baru Piala Thomas. Ini merupakan gelar Piala Thomas pertama India sepanjang sejarah mereka. ***