EmitenNews.com - Partai final Thomas Cup 2022, milik Indonesia versus India. Tim bulutangkis putra kedua negara akan menentukan siapa jawara turnamen beregu putra itu, Minggu (15/5/2022). Tim Merah Putih memastikan lebih dulu tiket final setelah dalam semifinal mengalahkan Jepang 3-2, Jumat (13/5/2022) malam WIB. Tiket final lainnya direbut India usai menghempaskan perlawanan Denmark, 3-2. Ini sejarah pertama India masuk final Piala Thomas Cup.


Motivasi kedua tim untuk membawa pulang piala bergengsi itu, sama besarnya. India akan mati-matian untuk mencetak sejarah pertama kali memenangkan piala Thomas. Sementara itu, Indonesia tidak kalah besar keinginannya untuk memenangkan pertarungan. Sebagai juara bertahan, tentu saja Indonesia berkeinginan kuat untuk mempertahankan piala tersebut. Indonesia akan berusaha keras memenangkan final ke-21 dalam keikutsertaan Thomas Cup itu.


Dalam pertandingan di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat malam WIB, India tertinggal lebih dulu setelah kehilangan partai pertama. Lakshya Sen harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen dengan skor 13-21, 13-21.


Tetapi, India kemudian menyamakan kedudukan lewat kemenangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Ganda putra terbaik India itu menang atas Kim Astrup/Mathias Christiansen lewat duel sengit tiga gim dengan skor 21-18, 21-23, 22-20.


Lalu, Kidambi Srikanth membawa angin segar setelah menyumbangkan poin untuk negaranya. India berbalik unggul 2-1. Mantan pebulutangkis nomor satu dunia itu pada partai semifinal mengalahkan Anders Antonsen dengan skor 21-18, 12-21, 21-15.


Lewat perjuangan Anders Skaarup Rasmussen/Frederik Sogaard, yang menang atas Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala dengan skor 21-14, 21-13, Denmark merebut partai keempat, sehingga kedudukan imbang, 2-2.


Nah, perjalanan India mencetak sejarah untuk pertama kalinya sampai ke final Piala Thomas, ditentukan oleh Prannoy H. S, yang menang atas Rasmus Gemke dengan skor 13-21, 21-9, 21-12.


Sementara itu, Indonesia berhasil ke final Thomas Cup 2022 setelah mengalahkan Jepang 3-2 di semifinal. Kepastian itu diperoleh lewat kemenangan Shesar Hiren Rhustavito, atas Kodai Naraoka. Dalam pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat malam WIB itu,  Vito menang dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-11.


Dilaporkan, Vito memulai gim pertama dengan cepat mengungguli Kodai sampai skor 7-2. Kodai sepertinya kesulitan menghadapi Vito, yang terus unggul 11-2 di interval. Selepas interval, meski Vito terus memperlebar jarak, Kodai perlahan bangkit. Andalan Jepang itu mampu memangkas jarak menjadi 16-19, namun Vito tidak terbendung lagi, dan mengakhiri gim pertama, 21-17.


Pada awal gim kedua, pertandingan berjalan ketat, sampai Vito unggul 3-2 atas Kodai. Vito mampu mengatasi permainan Kodai, yang membuatnya melaju dengan skor 11-4 sampai interval.


Setelah itu, Vito terus melaju. Permainan smash-smash silang Vito jelas sekali menyulitkan lawan, sampai akhirnya memimpin 19-7. Kodai mencoba terus memberi perlawanan pada saat kritis dengan memperkecil jarak menjadi 19-9. Vito cukup kerepotan, dan terlihat kesulitan saat tinggal butuh satu poin untuk menutup laga, dan smashnya tersangkut di net.


Bagusnya, akhirnya Vito  bisa menutup pertandingan dengan kemenangan 21-11 dan membuat Indonesia melangkah ke final. Indonesia secara total mengalahkan Jepang dengan skor 3-2.


Pada awalnya, Indonesia sempat memimpin 2-0 lewat kemenangan Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Tetapi, imbang 2-2 tercipta, setelah Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tumbang.


Kini kita tunggu partai final Piala Thomas 2022 antara Indonesia Vs India, yang sama-sama memiliki motivasi kuat untuk menang. Partai final bakal digelar Minggu (15/5/2022), di Impact Arena, Bangkok, Thailand. ***