EmitenNews.com - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas usaha industri pariwisata. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar sosialisasi Standar Nasional Indonesia (SNI) clean, health, safety, and environment (CHSE) di Bali. Ini bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas usaha agar semakin adaptif dan berdaya saing menghadapi tantangan industri pariwisata.


Dalam keterangan resminya, di Jakarta, Rabu (9/11/2022), Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Oni Yulfian, berharap dengan adanya sertifikasi CHSE ini akan meningkatkan dan menimbulkan kembali kepercayaan sebagai pelaku usaha dan juga kepercayaan pasar wisata.


Data pada 2021 menunjukkan, sebanyak 53 persen wisatawan lebih memilih hotel dengan pertimbangan kesehatan serta protokol yang bersih dan lengkap. Lalu, hotel dengan sertifikat CHSE juga mengalami peningkatan pengunjung hingga 30 persen dibandingkan hotel yang tidak tersertifikasi.


Oni menyampaikan bahwa tidak serta merta dengan adanya sertifikat CHSE ini wisatawan melonjak dan tingkat ekonomi pelaku usaha dan pariwisata langsung pulih. Menurut dia, dibutuhkan kerja sama dalam berusaha dan bersyukur karena makin lama kondisi pandemi membaik dan kunjungan wisatawan semakin meningkat. ***