EmitenNews.com - PT Timah Tbk. (TINS) melakukan peningkatan modal pada anak usaha PT Timah Industri. Demikian dikatakan Corporate Secretary TINS, Abdullah Umar dalam keterbukaan informasi, Kamis (30/12).


Abdullah menerangkan bahwa peningkatan modal tersebut dilakukan melalui penerbitan saham baru yang dikeluarkan PT Timah Industri dari portepel sebanyak 63.000 lembar saham. Adapun nilai nominal dari saham tersebut Rp1 juta atau seluruhnya sebesar Rp63 miliar.


"Dari penerbitan saham itu akan diambil oleh PT TIMAH Tbk dan PT Timah Investasi Mineral,"tuturnya.


Lebih lanjut Abdullah menerangkan, mekanisme dari penyerapan saham tersebut yakni sebesar Rp62,96 miliar dikonversi dari utang PT Timah Industri kepada Perseroan. Kemudian, sebesar Rp28,33 juta disetor dengan uang tunai oleh Perseroan yang akan disetor kedalam rekening PT Timah Industri, dan sebesar Rp2 juta disetor dengan uang tunai oleh PT Timah Investasi Mineral akan disetor kedalam rekening PT Timah Industri.


"Dengan demikian, kepemilikan saham Perseroan pada PT Timah Industri menjadi sebesar 762.978 lembar saham atau menguasai sebanyak 99,997% dari total seluruh saham PT Timah Industri. Sementara, kepemilikan saham PT Timah Investasi mineral sebesar 22 saham atau 0,003%,"jelasnya.