EmitenNews.com - PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) telah meningkatkan diskon tarif tol selama periode arus mudik dan balik Lebaran 2024. Diskon tarif tol yang sebelumnya 10% kini ditingkatkan menjadi 20%. 

Penambahan diskon ini berlaku untuk tiga ruas tol, yaitu Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto.

Menurut Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar, keputusan untuk meningkatkan diskon tarif ini didasarkan pada potensi mobilisasi masyarakat yang tinggi selama mudik Lebaran tahun ini. 

Hal ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada para pemudik yang setia menggunakan jalan tol Astra Infra.

Dengan penetapan ini, diskon tarif tol sebesar 20% akan diberlakukan pada periode arus mudik mulai Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB (selama 2 x 24 jam). Sedangkan untuk arus balik, diskon 20% akan berlaku mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam).

Diskon ini berlaku untuk seluruh golongan kendaraan yang melintasi Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan menggunakan transaksi tol dengan kartu uang elektronik yang memiliki saldo cukup.

Selain memberlakukan diskon tarif, Astra Infra juga telah melakukan berbagai antisipasi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas selama periode arus mudik dan balik, termasuk manajemen lalu lintas di jalur dan akses jalan yang potensial mengalami kepadatan, serta rencana rekayasa lalu lintas yang berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Astra Infra juga mengimbau para pemudik untuk merencanakan perjalanan mudik Lebaran dengan cerdas dan bijak, serta membawa perbekalan secukupnya. Pengguna jalan yang menjalankan ibadah puasa diimbau untuk tetap menjaga keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat secara teratur.

Selain itu, pengguna jalan diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area, dan jika rest area penuh, mereka dapat menggunakan tempat istirahat di luar jalan tol tanpa tambahan biaya.