EmitenNews.com -PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) terus berupaya merealisasikan rencana bisnisnya. Teranyar, ELPI mengumumkan bahwa entitas anak usahanya yaitu PT Samudra Luas Sejahtera Abadi (SLSA) telah mampu melakukan launching kapal Mother Vessel Supramax di Batam.

 

Launching ini sekaligus untuk menandai nama kapal ELPI Maharaja Nusantara S-01, dimana S01 ini sebagai identitas Supramax yang mana kami mempunyai target akan terdapat kapal Supramax kedepannya milik kami sehingga nanti akan terdapat S-02, S-03 dan seterusnya.” jelas Rachmat Tri Jaya-Direktur SLSA.

 

Kami sangat apresiasi atas dukungan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Laut, MV Maharaja Nusantara telah tiba di Indonesia, proses docking di Batam ini berjalan lancar dari proses serah terima. Termasuk proses Reflagging hingga pendaftaran nama berjalan lancar,” imbuhnya.

 

Eka Taniputra Dirut ELPI yang juga menjadi Komisaris SLSA memastikan ”Bahwa strategi bisnis dan rencana strategi ELPI kepada entitas anak saat telah on track dan optimis akan memberikan kinerja keuangan positif karena akan konsolidasi sedangkan SLSA sendiri kedepannya mendapatkan potensi pendapatan Rp.1,3 triliun untuk kontrak 10 tahun angkutan batu bara di wilayah Indonesia. Kami sangat menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pengadaan kapal untuk bisnis bulk & transhipment ini. 

 

Namun kami optimis, bisnis angkutan batu bara hingga hingga 5-10 tahun kedepan masih menjanjikan karena masih dibutuhkan pasokan kepada Pembangkit Tenaga Listrik di seluruh wilayah Indonesia.” sambungnya.

 

”Atas adanya fluktuasi harga batu bara, sesungguhnya kami telah mengantisipasinya yaitu saat ini kami konsentrasi pada pangsa pasar lokal di Indonesia. Kami sangat mendukung program pemerintah terkait adanya Domestic Market Obligation (”DMO”)” jelas Eka menanggapi tantangan harga batu bara.

 

”Pada tahap awal ini MV Maharaja Nusantara estimasi target kami akan beroperasi pada akhir Agustus yang merupakan transhipment akan beroperasi dari Kalimantan Selatan ke Sulawesi Tengah dan Halmahera dengan pengangkutan batu bara sekitar + 1,1jt matrik ton per tahunnya.” 

 

Saat ini MV Maharaja Nusantara dalam proses docking dan kami perkirakan akan selesai di Week 2 Agustus dan estimate akan beroperasi pada Week ke-4 Agustus setelah proses administrasi perijinan. Kami sengaja memberikan tagline Set Sail For Succes sebagai pertanda dan komitmen dari crew, management dan para pemegang saham, bahwa sekali Berlayar MV Maharaja akan membawa Kesuksesan Bagi Semua bukan hanya pemegang saham tetapi untuk para crew yang berada di MV yang berjumlah sekitar + 20 oarang jika nanti beroperasi ” jelas Dia.

 

”Ekspansi ELPI pada bidang bulk & transhipment ini sesungguhnya telah menarik minat investor dimana mereka juga hadir sebagai undangan dalam launching MV Maharaja Nusantara. Mohon doanya, agar MV Maharaja Nusantara segera akan mempunyai S-02 sebagaimana disampaikan oleh Direktur SLSA ”