EmitenNews.com - Uang haram dari Rafael Alun Trisambodo mengalir sampai jauh. Sedikitnya, ada 25 artis yang diduga terlibat dalam tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan yang oleh KPK ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi itu. Salah satu di antaranya pesohor berinisial R, yang diramaikan sebagai Raffi Ahmad. Rafael adalah ayah Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiaya David, yang kini masih terbaring dalam perawatan di rumah sakit.

 

Dalam keterangannya yang dikutip Minggu (2/4/2023), Perwakilan Indonesian Audit Watch Iskandar Sitorus mengungkapkan, dari hasil temuan Indonesian Audit Watch tidak hanya artis inisial R yang diduga terlibat, tetapi banyak artis lainnya. Daftarnya mencapai 25 artis termasuk 3 bank besar.

 

"Kalau bicara yang terkonsolidasi, terakses atau terkorelasi itu langsung maupun tidak langsung minimal 25 artis. Malah ada tiga band besar juga," kata Iskandar Sitorus.

 

Karena kasus ini masih akan berproses, AWI tidak bisa terburu-buru untuk mengatakan secara gamblang siapa artis-artis tersebut. "Itu nanti, berproses. Ini harus seperti teori makan bubur. Ini harus pakai metode smooth, yang penting KPK mampu menjadikan pijakan untuk menetapkan tersangka selanjutnya."

 

Inisial R yang merupakan public figure terkenal. Menurut Iskandar Sitorus tergolong orang kaya baru, orang yang disebut terlibat dalam kasus TPPU Rafael Alun Trisambodo itu. "Ngaku-ngaku crazy rich-lah. Bisa dibilang juga orang kaya baru."

 

Sementara itu, kasus ini masih dalam pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dengan tersangka kasus gratifikasi Rafael Alun Trisambodo. Soal keterlibatan  deretan nama artis ini, KPK masih akan melihat soal laporan tersebut.

 

Kepada pers, di Gedung Merah Putih, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengungkapkan pihaknya akan mengecek lebih detail, karena belum tahu siapa inisial R, dan sejumlah nama terkenal lainnya itu. "Kami berharap masyarakat yang punya data informasi terkait dengan perkara yang sedang kami lakukan silakan disampaikan."

 

Rafael Alun Trisambodo telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan gratifikasi berupa uang. Gratifikasi itu diduga diterima selama 12 tahun dalam kapasitasnya sebagai pemeriksa pajak pada DJP, Kemenkeu.

 

Soal namanya yang terseret-seret dari inisial R itu, Raffi Ahmad membantahnya. Pengacara Hotman Paris Hutapea, salah satu pihak yang dekat dengan sang artis, mengaku langsung menghubungi Raffi Ahmad untuk meminta kejelasan terkait berita tersebut. Dalam video yang diunggah di Instagram-nya, Sabtu (1/4/2023), Hotman Paris mengatakan, Raffi Ahmad membantahnya.