EmitenNews.com - Sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Indonesia bebas emisi, PT United Tractors Tbk (UT) atau (UNTR) memperkenalkan produk New 20 Ton Class Electric Excavator di acara pameranMiningIndonesia 2023, yang berlokasi di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

 

Langkahkonkret ini merupakan upaya UT untuk mendukung target pemerintah dalam mewujudkan Net ZeroEmissionpada tahun 2060. UT merupakan perusahaan dan distributor alat berat merek Komatsu di Indonesia. Komatsu sebagai produsensecara konsisten menghadirkan produk sustainable dan ramah lingkungan.

 

Pada tahun 2005, Komatsupertama kali mengeluarkan produk Wired Electric Excavator untuk kelas 13-20 ton. Kemudian, padatahun2020, meluncurkan Mini Excavator Battery Electric, dan pada tahun 2022 Komatsu menghadirkanexcavatorpertamanya dengan teknologi hybrid untuk kelas 30 ton tipe HB365-1. Tahun ini, Komatsuteruskonsistenmenciptakan inovasi dan terobosan baru dengan memperkenalkan New 20 Ton Class ElectricExcavatormenggunakan baterai elektrik yang akan diuji coba di Indonesia.

 

New 20 Ton Class Electric Excavator ini memiliki beberapa keuntungan diantaranya net zeroemission,keamanan dan kenyamanan beroperasi yang dapat digunakan di seluruh sektor. Selainitu, produkinididukung fitur dan teknologi Komtrax yang merupakan teknologi telematik untuk memantaualatberatberbasis nirkabel dari Komatsu yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun melalui perangkat komputermaupun telepon seluler.

 

Cara kerja electric excavator ini menggunakan tenaga listrik untuk melakukan penggalian danpemindahanmaterial. Selain itu, produk ini tidak menggunakan mesin pembakaran internal seperti excavator konvensionalyang menggunakan bahan bakar fosil.

 

Sumber daya listrik pada unit electric excavator tersimpandalambateraiyang mendapatkan tenaga listrik dari sumber daya listrik eksternal, seperti saluran listrik PerusahaanListrikNegara (PLN) atau generator melalui portable charging tools atau charging stationary Komponen yang dimiliki produk ini ialah electric motor yang dapat menerima sumber dayabaterai untukmemutarkan hydraulic main pump. Kemudian, komponen hidrolik lainnya menggerakkan berbagai gerakanseperti boom, arm, bucket, travelling maju-mundur, dan swinging (sama seperti excavator konvensional).

 

Dalam perawatannya, produk ini lebih mudah dengan biaya yang lebih murah dibandingkandengandieselengine, karena lebih sedikit komponen bergerak dan tidak memerlukan perawatan berkalasepertipenggantian filter engine, penggantian oli, atau penggantian injector.

 

Corporate Secretary United Tractors, Sara K. Loebis menyampaikan bahwa UT akan senantiasamelakukaninovasi dan berperan aktif untuk meminimalisir dampak negatif kepada lingkungan dan berkontribusi secarabertahap untuk mewujudkan Indonesia bebas emisi. Selain itu, UT juga akan terus berupaya untukmelakukanpengembangan dan memanfaatkan teknologi yang mampu mereduksi kadar emisi karbon, termasuksalahsatunya dengan memanfaatkan energi listrik pada kegiatan industri.

 

"Sebagai perusahaan yang berkecimpung pada penjualan alat berat untuk industri, UT memiliki kepedulian khusus terhadap masalah lingkungan sebagai bagian dari implementasi inisiatif Environmental, Social, danGovernance (ESG). Karena itu, kehadiran New 20 Ton Class Electric Excavator menjadi bentuk komitmenperusahaan dalam pengembangan produk ramah lingkungan," ujar Sara K. Loebis.