EmitenNews.com - PT United Tractors Tbk (UNTR) bersama tiga perusahaan lainnya, yaitu PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Kalimantan Prima Persada (KPP), dan PT Asmin Bara Bronang (ABB), berhasil meraih penghargaan "Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2024" dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemdes PDTT). 

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya perusahaan-perusahaan tersebut dalam mengembangkan desa secara berkelanjutan melalui berbagai program inovatif.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, memberikan penghargaan ini secara langsung pada sebuah acara yang diselenggarakan di Hotel The Westin Jakarta. 

"Saya sangat mengapresiasi perusahaan yang terus berkomitmen dalam menciptakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dan membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan. Mari kita bersama-sama untuk menggerakkan ekonomi pedesaan melalui pemberdayaan berbasis kearifan lokal agar memiliki ketahanan sosial ekonomi dan lingkungan. Melalui penghargaan ini, diharapkan dunia usaha dapat konsisten dalam menjalankan program CSR yang sejalan dengan proses bisnisnya," ujarnya.

Dalam penghargaan ini, UT berhasil meraih peringkat Gold untuk program "Desa UniTy" di daerah Lereng Gunung Arjuno, Kota Batu, Jawa Timur. Program ini berfokus pada lima pilar CSR, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, kewirausahaan, dan kesiapsiagaan bencana. Penghargaan diterima oleh Head of Corporate Governance and Sustainability Division UT, Sara K. Loebis.

PAMA meraih peringkat Silver untuk lima program, termasuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) melalui program "Creating Shared Value" (CSV), peningkatan kualitas kampung budaya, budidaya tanaman aren dan olahan makanan berbahan dasar aren, kerja sama BUM Desa Karya Makmur, serta pembinaan program kampung iklim di Dusun Kawista Wonosobo.

KPP juga mendapatkan peringkat Silver untuk empat program, yaitu "Berdaya Cegah Stunting," "Generasi Muda Cerdas Berkarakter," "Origami Desa Sengayan" (Organik Berharga Ekonomi Sengayan), dan "Biokonversi Sampah Organik" (Budidaya Maggot Desa Manggul). 

ABB meraih satu penghargaan Bronze untuk program elektrifikasi dukuh sakakarangan dan satu apresiasi untuk program pendidikan pembinaan SMK Maharati di Kalteng.

Sara K. Loebis menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemdes PDTT atas penghargaan yang diberikan kepada Grup UT, yang semakin memotivasi perusahaan untuk mengembangkan program CSR yang selaras dengan aspek-aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) serta Sustainable Development Goals (SDGs).

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kemdes PDTT bersama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF), dengan tujuan mendorong perusahaan untuk terus mempercepat pembangunan desa melalui berbagai program. Proses penjurian terdiri dari beberapa tahap, termasuk pendaftaran, verifikasi dokumen, presentasi, kunjungan lapangan, dan verifikasi lapangan untuk kandidat Gold.

Penghargaan ini menjadi pemacu semangat bagi UT, PAMA, KPP, dan ABB untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi mereka.