EmitenNews.com - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) melakukan perjanjian kerjasama  channeling kredit usaha rakyat (KUR) dengan PT Panca Budi Niaga (PBN), anak usaha PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi kemasan plastik, dengan nilai kerja sama Rp 20 miliar.

 

Kepala BCA KCU Asemka Daniel Darmawan mengatakan dukungan BCA terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ( UMKM ) terus digenjot demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses pemulihan pandemi Covid-19. Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia.

 

"Kerjasama dengan pola channeling antara BCA dan PBN bertujuan untuk membantu usaha masyarakat di daerah Jabodetabek khususnya pedagang plastik. Dalam Kerjasama ini, BCA juga menggandeng KlikA2C sebagai penyedia layanan yang akan memproses pengajuan via online," ujar Daniel dalam keterangannya, Senin (04/04/2022).

 

Daniel menambahkan KUR BCA hadir untuk debitur individu atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. Sepanjang tahun 2021 total penyaluran KUR BCA tercatat sebesar Rp 206 miliar, meningkat 55% (yoy). Adapun sektor yang mendominasi adalah perdagangan dan jasa, perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan.

 

"Kami berharap keberadaan program penyaluran KUR ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM di Indonesia serta membangkitkan semangat untuk keluar dari situasi penuh ketidakpastian," tutup Daniel.