EmitenNews.com - Varian Omicron harus benar-benar diwaspadai. Varian baru virus Corona yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, November 2021 itu, mendominasi penularan Covid-19 di Indonesia. Total kasus Omicron di Indonesia kini sebanyak 2.980 penderita. Sebelumnya, varian Delta menjadi dominan dalam data pandemi Covid-19 di Tanah Air sepanjang 2021.


Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan, dari total kasus Omicron di Indonesia sebanyak 2.980 itu, 1.602 kasus Omicron dibawa Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan 1.093 transmisi lokal. Sisanya 285 masih dalam verifikasi.


Dari total 1.093 kasus Omicron transmisi lokal itu, sebaran terbanyak ada di DKI Jakarta yakni 1.027. Disusul Kota Tangerang Selatan 16, dan masing-masing 6 kasus di Kota Surabaya, Kabupaten Bandung, Kota Semarang. Kota Bandung 5.


Kemenkes mencatat, hingga saat ini, ada lima pasien Omicron meninggal dunia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, 60 persen di antaranya belum mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau lengkap. Dari total kasus kematian Omicron itu, tiga di antaranya meninggal di rumah sakit Jakarta. Dua lainnya di rumah sakit Banten dan Sulawesi Selatan. ***