EmitenNews.com -PT Bank Maybank Indonesia, Tbk (BNII) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) mengucurkan pembiayaan Mudharabah kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) senilai Rp1 triliun. Pembiayaan ini diberikan dengan tujuan untuk mendorong pemberdayaan dan memajukan sosial-ekonomi perempuan pra sejahtera dalam meningkatkan kapasitas usaha sektor UMKM .

 

Pinjaman ke BNII ini akan digunakan oleh PNM untuk memberikan pembiayaan kepada perempuan pra sejahtera pelaku usaha golongan ultra mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USD1,99 per hari atau Rp800 ribu per bulan serta memenuhi Cashpoor Index House melalui program Mekaar Syariah.

 

Dukungan ini juga merupakan wujud komitmen kami yang berkelanjutan dalam memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai penopang perekonomian dan penyumbang PDB terbesar bagi Indonesia.

 

"Fasilitas yang diberikan kepada PNM ini merupakan pembiayaan berbasis keuangan sosial berkelanjutan pertama bagi Maybank Indonesia dan sejalan dengan strategi rencana pertumbuhan bisnis UUS Maybank Indonesia yang fokus pada pengembangan bisnis berbasis Syariah dengan mengakomodasi unsur Environmental, Social and Governance (ESG) yang menciptakan dampak positif pada sosial dan ekonomi," ujar Direktur Global Banking Maybank Indonesia, Ricky Antariksa dalam keterangannya, Rabu (2/8).

 

Di sisi lain, Ricky menambahkan, kerja sama ini juga merupakan bentuk komitmen Maybank Indonesia dalam menerapkan strategi M25+ Maybank Group dalam mengedepankan Islamic solutions dan strategi prioritas untuk menjadi ESG leader di kawasan ASEAN.

 

Penyaluran fasilitas pembiayaan ini adalah pengembangan dari hubungan kerja sama yang sudah terjalin sebelumnya dan merupakan fasilitas bilateral Syariah berbasis sustainability financing terbesar bagi Maybank Indonesia.

 

"Kami berharap kerja sama ini memberi dampak positif dan lebih luas terhadap ekonomi Syariah secara keseluruhan, yang sejalan dengan strategi Syariah First Maybank Indonesia," tutupnya.