EmitenNews.com - Dana desa berhasil meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan desa. Karena itu, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan belanja harus dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.


“Untuk itu desa harus dapat menggali potensi yang ada di desa dan Dana Desa digunakan sesuai kesepakatan di desa dalam musyawarah desa. Keberhasilan Desa Pendowoharjo dalam mengelola BUMDes dapat disebarkan ke desa-desa lainnya," ujar Wamenkeu Suahasil Nazara saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta, Jumat (8/7/2022).


Kunjungan dilakukan dalam rangka melihat keberhasilan Pemerintahan Desa Pandowoharjo mengelola keuangan desa dan melaksanakan program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang telah dicanangkan pemerintah desa.


Melalui forum dialog tersebut Wamenkeu berharap adanya potensi kerja sama antara Desa Pandowoharjo dengan PIP dan LPEI yang merupakan Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam membantu BUMDes dan UMKM agar lebih berkembang melalui pelatihan dan pembiayaan.


Wamenkeu Suahasil berharap Dana Desa dapat bermanfaat dalam pemberdayaan masyarakat, baik melalui pemberdayaan BUMDes maupun UMKM, sehingga manfaat Dana Desa dapat dirasakan oleh masyarakat desa. ***