EmitenNews.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah merealisasikan belanja modal ( capital expenditure / capex ) sebesar Rp 3,12 triliun hingga saat ini.


Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, capex sebesar Rp 3,12 triliun yang telah direalisasikan, sebagian besar dialokasikan untuk menyelesaikan investasi dari tahun lalu.


Secara keseluruhan, emiten BUMN Karya tersebut menyiapkan Rp 10 triliun untuk capex sepanjang tahun ini.

"Tahun ini, capex kami tidak besar seperti 2020. Capex akan diperuntukkan untuk proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen, kemudian Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap 


(Getaci) di mana Waskita minoritas. Selain itu, capex juga diarahkan untuk penyelesaian ruas tol yang belum selesai, termasuk untuk pengembangan Waskita Realty," ungkap Destiawan dalam konferensi pers di Grand Hyatt, Jakarta Kamis (16/6).


SPV Keuangan Waskita Dewi Eka juga menuturkan bahwa realisasi belanja modal secara konsolidasi Waskita Realty per April tahun 2022 sebesar Rp 785 miliar.


Sementara untuk restrukturisasi di Grup Waskita, kata Dewi, keseluruhan entitas sudah melakukan restrukturisasi kecuali WSBP yang saat ini masih dalam proses PKPU . "Kami harapkan akhir bulan ini sudah mendapatkan kepastian proses WSBP homologasi," tambah dia.


Dewi menyebutkan, nilai beban keuangan Waskita juga telah mengalami penurunan. Hal ini dapat tercapai karena target restrukturisasi perseroan adalah menekan beban pinjaman dari semula rata-rata beban komersial suku bunga di 9% menjadi rata-rata di 5,5%.