EmitenNews.com -PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) selaku pemegang saham PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR) berencana melakukan divestasi tol ruas Pemalang - Batang. Untuk memuluskan rencana ini, WTR akan berpartisipasi pada kegiatan Business Matching ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) dan mengeksplorasi kemungkinan Strategic Partnership dengan investor potensial.

 

Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Ermy Puspa Yunita mengatakan perusahaan akan terus mendorong asset recycling jalan tol terutama Tol Pemalang Batang sebagai salah satu dari ruas jalan tol di Trans Jawa. Perseroan telah mengoperasikan ruas ini sejak tahun 2018 dan merupakan ruas tol yang prospektif karena menjadi satu-satunya jalan tol utama menuju ke arah Jawa Bagian Timur.

 

"Perseroan menargetkan Lalu lintas harian untuk ruas ini akan terus meningkat kedepannya, terlebih dengan adanya sejumlah kawasan industri baru di Jawa Tengah," jelas Ermy dalam keterangannya, Jumat (1/9).

 

Tol Pemalang - Batang yang memiliki total panjang 39,2 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang terkoneksi dengan sejumlah kota besar di Pulau Jawa, serta terkoneksi dengan ruas tol Trans Jawa lainnya seperti jalan tol Pejagan - Pemalang di sisi barat, serta tol Batang - Semarang di sisi Barat. Sejak awal tahun 2023 hingga akhir Agustus 2023 ini, tercatat lalu lintas harian rata-rata tol Pemalang - Batang mencapai lebih dari 27 ribu kendaraan.

 

"Melalui jalan tol ini, pengguna jalan dapat memangkas waktu perjalanan dari Pemalang menuju Batang menjadi 39 menit, sebelumnya pengguna jalan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk menempuh perjalanan," pungkasnya.