EmitenNews.com - Mari mewaspadai mewabahnya cacar monyet. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus konfirmasi cacar monyet (monkeypox) di Indonesia bertambah menjadi 7 kasus per tanggal 22 Oktober 2023. Seluruhnya di DKI Jakarta. Penambahan itu terkonfirmasi sejak pertama kali dilaporkan pada 13 Oktober 2023. Itu juga berarti ada delapan kasus sejak pertama kali terkonfirmasi di tahun 2022. 

 

“Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, hingga kini kita dapatkan 7 kasus konfirmasi monkeypox di Indonesia di tahun ini," Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu dalam siaran pers, Senin (23/10/2023).

 

Menurut Maxi Rein Rondonuwu, seluruh kasus konfirmasi itu ditemukan di wilayah DKI Jakarta. Rinciannya, masing-masing 1 kasus dari Jatinegara, Mampang, Kebayoran Lama, Grogol Petamburan, dan Kembangan. Lalu, 2 kasus dari Setiabudi.

 

Seluruh pasien terkonfirmasi monkeypox adalah laki-laki usia produktif. Sebanyak 71 persen adalah laki-laki berusia 25-29 tahun, sedangkan 29 persen lainnya berusia 30-39 tahun. Dari hasil penelusuran, 6 pasien Monkeypox juga merupakan orang dengan HIV (ODHIV), dan memiliki orientasi biseksual.

 

Seluruh pasien sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi di sejumlah rumah sakit di Jakarta. Perawatan akan dilakukan hingga luka mengering dengan sempurna. Namun, kondisi para pasien tersebut baik dan stabil.

 

“Untuk kondisinya, semua baik dan stabil. Kita pantau secara ketat dan terus menerus. Saat ini kita juga sedang memonitor pihak-pihak yang melakukan kontak erat dengan pasien,” terang Maxi Rondonuwu. 

 

Kasus cacar monyet pertama diumumkan pada Agustus 2022. Kasus ini ditemukan di Jakarta pada seorang warga negara Indonesia. Kasus pertama cacar monyet ini, dialami oleh seorang laki-laki yang baru pulang dari perjalanan luar negeri. 

 

Negara yang dikunjunginya termasuk dalam 89 negara dengan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pada 8 Agustus 2022. Kasus terkonfirmasi positif cacar monyet pertama di Indonesia ini, temuan dari hasil deteksi dini yang dilakukan pasien. 

 

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa orang suspek. Namun, berdasarkan pemeriksaan lebih lanjut, puluhan orang suspek itu dinyatakan discharged karena tidak terbukti positif cacar monyet. Jadi, waspadalah. Jaga kesehatan. ***