EmitenNews.com - PT Wijaya Karya Beton (WTON) membeli mesin, peralatan, kendaraan, dan alat berat senilai Rp69,13 miliar. Wijaya Karya Beton memborong sejumlah peralatan itu dari PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKON). 


Wijaya Karya Beton melakukan transaksi itu, dengan pertimbangan sebagai bentuk sinergi antarGrup PT Wijaya Karya (WIKA). Maklum, Wijaya Karya Beton, dan WIKON anak usaha Wijaya Karya.


Nah, dana hasil pembelian dan Wijaya Karya Beton, memberi nilai tambah bagi WIKON. Apalagi, mesin, peralatan, kendaraan, dan alat berat secara fungsi bagi WIKON pemanfaatannya kurang optimal. ”Wijaya Karya Beton akan lebih optimal dalam menjalankan kegiatan usaha dengan peralatan tersebut,” tutur Mahendra Vijaya, Corporate Secretary Wijaya Karya, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (16/12).


Berdasar POJK 42/2020 tentang transaksi afiliasi, dan transaksi benturan kepentingan, transaksi itu masuk afiliasi. Sebab, Wijaya Karya salah satu pemegang 60 persen saham Wijaya Karya Beton, dan 98,40 persen saham WIKON. 


Selain itu, pada jajaran pengurus Wijaya Karya Beton, yakni komisaris utama dari anggota direksi Wijaya Karya. Lalu, pada jajaran pengurus WIKON, yakni komisaris utama dari anggota direksi Wijaya Karya, dan anggota dewan komisaris WIKON dari pegawai internal Perseroan. (*)