EmitenNews.com - Ini upaya mengembangkan riset dan ilmu pengetahuan dalam mewujudkan ekonomi biru. Untuk itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkuat infrastruktur akuisisi data, salah satunya dengan mengelola armada kapal riset untuk mendapatkan data langsung dari laut.

 

"Kami juga memiliki armada pesawat observasi, pesawat konvensional dan akan dilengkapi pesawat tak berawak karena sangat penting untuk mendapatkan data dari angkasa," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

 

Indonesia perlu menguasai teknologi canggih dalam menganalisis data menggunakan algoritma, menggunakan teknologi super komputer, dan memproses data, baik menggunakan metode konvensional atau kecerdasan buatan (AI) yang bersumber dari big data.

 

Untuk itu, BRIN mendorong adanya basis data baru serta ekonomi berbasis pengetahuan bagi startup untuk memanfaatkan data-data tersebut. Pihaknya memberikan data kepada startup untuk membuat aplikasi.

 

“Khususnya untuk hilirisasi aplikasi untuk perikanan tangkap, mitigasi bencana, perkebunan dan pertanian, sampah laut, cuaca dan iklim, pemetaan, perencanaan wilayah, pajak karbon dan perdagangan," kata Laksana Tri Handoko. ***