EmitenNews.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) menargetkan pertumbuhan pendapatan untuk Tahun Buku 2023 sebesar mid to high single digit dari realisasi pendapatan di sepanjang 2022 yang mencapai Rp29,14 triliun.

 

"Pertumbuhan pendapatan kami di 2023 minimal sama dengan pertumbuhan industri yang pada tahun ini diperkirakan mid to high single digit atau bahkan paling tidak bisa sama dengan tahun lalu sebesar 9 persen," kata Direktur Utama EXCL, Dian Siswarini dalam acara 'Media Update Kinerja EXCL & Outlook 2023' di Jakarta, Rabu (8/3).

 

Berdasarkan laporan keuangan EXCL Tahun Buku 2022, jumlah pendapatan perseroan mencapai Rp29,14 triliun atau bertumbuh 8,93 persen dibanding 2021 yang senilai Rp26,75 triliun.

 

Lebih lanjut Dian mengungkapkan, sejauh ini EXCL melihat sejumlah peluang yang bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnis di 2023. Sehingga, perseroan akan berfokus pada tiga pilar pertumbuhan yaitu layanan konvergensi, perluasan jaringan dan penguatan pengalaman pelanggan.

 

Dengan demikian, ungkap Dian, pada tahun ini EXCL meyakini bisa mencapai target pertumbuhan pendapatan mid to high single digit, dengan EBITDA margin sebesar 49 persen. Guna dapat mendukung, target kinerja keuangan dan operasional di 2023, EXCL menganggarkan belanja modal sebesar Rp8 triliun.

 

"Merujuk pada pencapaian kinerja yang sangat baik di 2022, XL Axiata akan terus memanfaatkan sejumlah peluang positif yang sedang berkembang di Indonesia, untuk mendorong dan meningkatkan performa perusahaan pada tahun ini," ujar Dian.

 

Pada layanan konvergensi, kata Dian, EXCL berfokus pada dua segmen, yaitu keluarga dan bisnis. Untuk segmen keluarga, XL Axiata menawarkan konten digital terbaik, melalui kerja sama dengan mitra penyedia konten.

 

"Paket ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Sementara itu untuk segmen bisnis, XL Axiata mengembangkan produk konvergensi sebagai bagian dari solusi digital terpadu untuk kalangan usaha kecil dan menengah (UKM)," papar Dian.

 

Lebih lanjut dia menyampaikan, pada tahun ini perseroan akan menggandakan strategi konvergensi dengan menambahkan lebih banyak fitur. Selain itu, XL Axiata juga meningkatkan proposisi segmen keluarga dengan menyediakan ekosistem yang lebih komprehensif dan relevan.