EmitenNews.com - PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk, (BAUT) perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan besar logam untuk bahan konstruksi, terutama mur dan baut di Tangerang ini berhasil mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perseroan resmi menjadi perusahaan tercatat ke-5 di BEI pada tahun 2022, atau emiten ke 771 di BEI. 


Pada listing perdana emiten perdagangan besar logam untuk bahan konstruksi ini langsung di sambut aksi beli hingga saham BAUT melonjak ke level tertinggi atau menyentuh Auto Rejection Atas (ARA) dengan lompatan 29 persen atau 29 poin ke harga 129 per saham dari harga perdana 100 per saham.


Lonjakan harga BAUT ditopang oleh volume saham sebanyak 374,91 juta lembar,nilai transaksi senilai Rp48,59 miliar dan frekuensi sejumlah 17.876 kali hingga pukul 09:10 WIB 


Diperdagangkan dengan kode saham BAUT, Perseroan melepas sebanyak 1.450.000.000 saham atau setara dengan 30,21% saham yang dilepas ke masyarakat dengan harga penawaran sebesar Rp100,- per sahamnya, sehingga total dana hasil IPO yang diperoleh BAUT adalah sebesar Rp 145 miliar. 


Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan berupa: Sekitar 6% akan digunakan untuk pembayaran utang usaha kepada pemasok, yaitu NA Fasteners Pte. Ltd., salah satu pemegang saham Perseroan; dan Sisanya akan digunakan untuk pembelian persediaan, baik persediaan terkait produk eksisting Perseroan, maupun persediaan produk baru yang selama ini belum disediakan oleh Perseroan, seperti full range mur dan baut yang terbuat dari stainless steel, socket cap screw dan hand tools dimana dengan adanya produk baru tersebut, kegiatan usaha Perseroan dapat menjadi lebih berkembang dimana Perseroan dapat menyediakan produk-produk mur dan baut dengan jenis yang lebih variatif kepada pelanggan-pelanggan Perseroan dalam rangka pengembangan usaha Perseroan.


Selain itu, Perseroan menerbitkan sebanyak 1.160.000.000 Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 34,63% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. 


Setiap pemegang 10 (sepuluh) Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 8 (delapan) Waran Seri I dimana setiap 1 (satu) Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 (satu) saham baru Perseroan. Waran seri I mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 3 (tiga) tahun. 


Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak untuk melakukan pembelian Saham Biasa Atas Nama dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp 125 yang dapat dilakukan setelah 6 (enam) bulan sejak efek dimaksud dicatatkan di BEI.


Selama masa penawaran umum yang berlangsung pada tanggal 21-26 Januari 2022, saham BAUT banyak diminati oleh masyarakat dengan adanya kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 38,23 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) yang ditawarkan kepada masyarakat.


Perseroan yang berdomisili di Tangerang ini telah bergelut di bidang perdagangan besar logam untuk bahan konstruksi, terutama mur dan baut selama kurang lebih 6 tahun. Sebagaimana dituturkan oleh Simon Hendiawan, selaku Direktur Utama Perseroan, dengan menyandang status sebagai perusahaan terbuka akan menjadikan Perseroan untuk selalu menerapkan prinsip good corporate governance dalam setiap langkah yang diambil. 


Diharapkan dengan menjadi perusahaan terbuka, Perseroan dapat memanfaatkan kesempatan untuk berkembang dan tumbuh menjadi lebih besar yang tentunya dengan dukungan masyarakat sebagai salah satu pemegang saham Perseroan. 


Meskipun kondisi perekonomian nasional yang belum pulih total sebagai akibat Pandemi COVID-19, Perseroan tetap optimis bahwa bisnis mur dan baut akan membaik.