EmitenNews.com - Hari ini Presiden Joko Widodo kemungkinan akan menetapkan nama calon yang akan dipilih sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Ada sinyal kuat Presiden akan kembali mempercayakan kursi tertinggi Bank Sentral kepada Perry Warjiyo yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur BI.


Santer kabar penetapan kembali Perry sebagai Gubernur BI ini ramai dibicarakan dikalangan Istana Kepresidenan. Terlebih sebagai petahana nama Perry akan bersaing dengan calon lainnya yang sampai saat ini belum diumumkan nama-namanya.


Kantor Berita Reuters bahkan menyebut nama Perry telah dipilih Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan jabatannya sebagai Gubernur BI untuk periode kedua, 2023-2028. Presiden Jokowi kabarnya sudah memasukan nama Perry untuk selanjutnya diikutkan melakukan fit and proper test di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


Sumber Reuters mengatakan bahwa tidak ada kandidat lain yang akan dicalonkan sebagai Gubernur Bank Indonesia. Dengan demikian kemungkinan Perry Warjiyo akan menjadi calon tunggal Gubernur BI periode 2023-2028.


Akan tetapi sumber lain mengatakan isu ini masih belum jelas. “Belum tentu calon tunggal. (Tapi nama Perry) masih ada di atas,” ujar sumber itu.


Sebelumnya Presiden mengaku sudah menjaring sejumlah nama untuk diajukan sebagai Calon Gubernur Bank Indonesia (BI). "Kita putuskan kalau nggak hari ini (Selasa kemarin) ya besok (hari ini). Nama-nama sudah masuk," ungkap Presiden setelah meninjau normalisasi Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa.


Untuk diketahui Gubernur BI saat ini, Perry Warjiyo, telah lima tahun menjabat dan pada Mei 2023 mendatang akan memasuki masa purna tugas.


Sesuai Undang-undang Nomor 3 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, calon gubernur BI diusulkan dan kemudian diangkat oleh Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.


Presiden akan mengusulkan Calon Gubernur BI yang kemudian akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR sebelum diputuskan untuk disetujui atau tidak.


Sebelumnya sederet nama mulai digadang-gadang sebagai kandidat pengganti Perry Warjiyo. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, hingga Perry sendiri yang dianggap mumpuni serta layak memimpin kembali bank sentral.


Dalam wawancara khusus dengan Tim Rakyat Mendeka Presiden sudah memberikan kisi-kisi bahwa calon Gubernur BI yang akan dipilihnya memiliki jam terbang tinggi. Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo termasuk sosok yang jam terbangnya sangat tinggi dan tidak diragukan lagi.(*)