EmitenNews.com - Perjalanan panjang telah dilalui PT. Adhi Karya (ADHI) dalam membangun prasarana Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) di sepanjang Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. ADHI telah membentangkan lintasan sepanjang 44 km dengan 18 stasiun pemberhentian di dalamnya.


"Sejauh ini, ADHI telah berhasil membentangkan 9 bentang panjang, salah satunya merupakan bentang lengkung untuk kereta terpanjang di dunia, yakni Bentang Panjang Kuningan," papar Adhikarya lewat akun resmi Twitternya, @adhikaryaID.


Selain itu, sebanyak 31 rangkaian kereta telah berada di lintasan dan sedang diuji coba kesistemannya, agar nantinya mampu menggunakannya dengan aman dan dapat berjalan tanpa masinis.


"ADHI telah berhasil mencapai progres hingga 90,52% dari keseluruhan pembangunan. Progres ini meliputi keseluruhan pekerjaan prasarana, baik dari lintasan, persinyalan, stasiun beserta fasilitasnya, depo dan teknologi operasinya," lanjut ADHI dalam utasnya.


Dirinci bahwa progres untuk masing-masing lintasan, antara lain 94,76% untuk lintas pelayanan Cawang-Cibubur, 90,02% untuk lintas pelayanan Cawang-Dukuh Atas, 93,26% untuk lintas pelayanan Cawang-Bekasi Timur dan 72,66% untuk Depo.


Menurut BUMN ini, capaian tersebut bisa terlaksana berkat dukungan dari seluruh stakeholder dan karyawan Adhi Karya yang bekerja siang dan malam di sepanjang 44 km lintasan untuk mewujudkan LRT Jabodebek beroperasi.(fj)