EmitenNews.com -Ditengah tren penggunaan kendaraan ramah lingkungan berbasis electrik atau kendaraan listrik, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) mencatatkan pembiayaan kendaraan listrik sebesar Rp 67,6 miliar pada semester I-2023. Angka ini meningkat dari pencapaian tahun sebelumnya. 

 

"Pada semester satu tahun ini, pembiayaan (kendaraan listrik) kami telah mencapai Rp 67,6 miliar rupiah dari total pembiayaan kami sepanjang semester satu tahun ini kalau dibanding tahun lalu meningkatnya beberapa kali lipat lah,” kata Direktur Penjualan, Pelayanan dan Distribusi Adira Finance, Niko Kurniawan dalam konferensi pers, ditulis Sabtu (12/8/2023). 

 

Realisasi pembiayaan tersebut didominasi oleh pembiayaan mobil listrik dibandingkan motor listrik. Untuk porsinya, pembiayaan mobil listrik sebanyak 77 persen dan sisanya pembiayaan motor listrik sebanyak 33 persen.

 

Di sisi lain, Niko menyebut, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pembiayaan hijau (green financing) sekaligus mendukung zero emission.

 

"Jadi kami di Adira Finance pun ikut serta berpartisipasi dalam program pemerintah untuk mendukung pembiayaan green financing atau pembiayaan hijau. Ke depannya tentunya kami akan support terus pembiayaan listrik,” ungkap dia.

 

Diberitakan sebelumnya, Adira Dinamika Multi Finance mencatatkan pembiayaan kendaraan listrik (electric vehicle atau EV) mencapai Rp 30 miliar pada 2022. 

 

Direktur Utama Adira Dinamika Multi Finance,, I Dewa Made Susila menuturkan, pihaknya menyalurkan pembiayaan untuk 415 unit kendaraan listrik pada tahun lalu dengan rincian sebanyak 333 unit motor listrik dan 82 unit mobil listrik.

 

"Pembiayaan untuk 415 unit kendaraan listriik selama 2022, rinciannya motor 333 unit dan mobil 82 unit," kata I Dewa Made Susila kepada awak media dalam kesempatan berbeda.

 

Ia menuturkan, penjualan motor listrik pada tahun lalu mengalami lonjakan 230 persen menjadi sekitar 6.000 unit, awalnya hanya 2.000 unit. "Kita masih dalam tahap belajar pembiayaan kendaraan listrik ini," kata dia.