EmitenNews.com - Timnas Indonesia mendapat lawan tangguh dalam semifinal Piala AFF 2020, di tengah bayang-bayang praktik curang Singapura sebagai tuan rumah. Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) berulah menjelang laga Timnas Indonesia vs Singapura, yang akan digelar di National Stadium, Singapura pada Rabu (22/12/2021) malam.


Kuat dugaan Singapura berniat curang untuk melawan Timnas Indonesia. Pihak AFF pun turun tangan untuk mencegahnya. Dugaan perbuatan tidak terpuji itu, terkuak dari langkah Federasi Sepak Bola Singapura mengeluarkan pemberitahuan resmi yang melarang pendukung skuad Garuda untuk membawa bendera Merah-Putih ke dalam stadion di semifinal Piala AFF 2020.


Pemberitahuan untuk pendukung Timnas Indonesia, yang dipublikasikan melalui Facebook FAS tersebut menjelaskan, larangan tersebut terkait dengan hukuman Badan Anti-doping Dunia (WADA) terhadap Lembaga Anti-doping Indonesia (LADI).


"Pengingat untuk semua teman-teman Indonesia yang menuju Stadion Nasional hari ini: Mohon diinformasikan bahwa Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah melarang bendera nasional Indonesia di semua acara olahraga. Karena ketidakpatuhan terhadap Kode Anti Doping Sedunia. Kami ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan." Tulis FAS, 18 Desember 2021.


Pengumuman FAS tersebut mendapat kritikan keras dari para pendukung Timnas Indonesia. Pasalnya, sebagaimana diketahui WADA tidak melarang adanya bendera di tribun penonton.


Pihak AFF langsung turun tangan atas tindakan FAS tersebut. AFF merilis pernyataan resmi yang intinya, memperbolehkan pendukung Timnas Indonesia dan Thailand yang mendapatkan hukuman serupa untuk membawa bendera nasional masing-masing.


Pernyataan yang dirilis AFF pada Senin (20/12/2021) itu, menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil setelah berkonsultasi dengan WADA dan Badan Anti-Doping Asia Tenggara.


Menurut AFF, larangan bendera nasional Thailand dan Indonesia adalah untuk penyelenggaraan acara resmi. Larangan WADA untuk pengibaran bendera nasional Thailand dan Indonesia adalah untuk penyelenggaraan acara resmi pengibaran bendera di Venue arena stadion tempat diselenggarakannya kejuaraan regional, kontinental atau dunia.


"AFF telah menghapus larangan yang mungkin dikenakan kepada penggemar Thailand dan Indonesia untuk mengibarkan bendera nasional mereka di dalam stadion," tegas AFF.


Jadi, Singapura, ayolah bermain sportif. Hadapilah timnas Indonesia dengan segala kemampuan teknis di lapangan. Suporter tim Merah-Putih, silakan kibarkan bendera  nasional untuk mendukung Evan Dimas dkk. ***