EmitenNews.com - Timnas Singapura harus mencari pelatih baru. Tatsuma Yoshida  memutuskan mundur dari posisi pelatih, Selasa (28/12), hanya tiga hari setelah kalah dari timnas Indonesia pada semifinal Piala AFF 2020. ESPN Asia dan The Straits Times menulis, Yoshida memutuskan menanggalkan posisinya itu, padahal kontraknya dengan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) hingga Desember 2022.


Pengumuman mundurnya Tatsuma Yoshida dilakukan FAS setelah pertemuan antara skuad timnas Singapura dengan Menteri Budaya, Komunitas dan Pemuda Singapura, Edwin Tong, Selasa ini.


Kabarnya Tatsuma Yoshida mengambil keputusan meninggalkan posisi pelatih timnas Singapura itu, untuk lebih dekat dengan keluarganya di Jepang. Rumor lainnya, Yoshida akan menjadi pelatih Ventforet Kofu. Sebelumnya Yoshida melatih tim kasta kedua Liga Jepang itu, pada 2017 hingga 2018 sebelum memilih melatih timnas Singapura pada Mei 2019.


Bagaimana pun Tatsuma Yoshida cukup berhasil sebagai pelatih untuk tim Ikhsan Fandi dkk itu. Pria asal Jepang ini merupakan pelatih pertama yang mampu membawa timnas Singapura lolos ke semifinal Piala AFF sejak 2012. Rekor Yoshida bersama The Lions adalah 5 menang, 4 imbang, dan 10 kali kalah.


Meski begitu kepada media, Tatsuma Yoshida mengaku enggan mengungkapkan masa depannya sebagai pelatih timnas Singapura usai dikalahkan Indonesia pada pertandingan ketat dalam semifinal Piala AFF 2020. Tetapi, ia menyatakan, sudah mendapat tawaran dari sejumlah klub di Jepang dan beberapa negara di kawasan Asia sepeninggalnya dari Kota Singa.


Seperti diketahui Singapura kalah dari Indonesia pada semifinal Piala AFF 2020 dengan agregat 3-5. Pada leg pertama skor berakhir imbang 1-1. Pada leg kedua yang memastikan langkah Singapura kandas, dan Indonesia melaju ke final, skornya 4-2. Tim Merah Putih akan berhadapan dengan Thailand untuk memastikan siapa jawara sepakbola Asia Tenggara, Rabu (29/12/2021), dan Sabtu (1/1/2022). ***