EmitenNews.com - PT WIR Asia (WIRG) mendirikan usaha Metaverse Indonesia Makmur (MIM). Melalui Mata Nilai Republik, perseroan mendirikan usaha patungan tersebut bersama Surya Semesta Karya Persada. Kesepakatan itu, diteken pada 18 Mei 2022. 


”Pendirian usaha patungan itu, untuk mendorong kemajuan platform metaverse Indonesia,” tutur Ira Yuanita, Corporate Secretary WIR Asia.


Manajemen WIR Asia mengklaim tidak ada dampak kejadian terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha perseroan sebagai perusahaan publik. ”Justru kejadian itu, akan berdampak positif bagi kinerja perseroan di mendatang,” harapnya. 


WIR Asia, sebelumnya berkolaborasi dengan platform teknologi edukasi, Cakap. Sinergi itu, akan menggabungkan sistem edukasi dengan teknologi metaverse. Menyajikan cara belajar baru bagi para murid. ”Teknologi metaverse memberi pengalaman belajar baru. Misalnya, mempelajari organ tubuh, para murid bisa mengimajinasi visual lebih immersive dibanding menonton sebuah video,” urai Michel Budi, Direktur Utama WIR Group.


Teknologi Metaverse akan membuat sistem pembelajaran menjadi lebih efisien. Materi yang disampaikan para guru bisa lebih ditangkap peserta didik. Pada industri medical bisa bedah manusia di metaverse. ”Dengan metaverse bisa menciptakan classroom. Jadi, peserta didik bisa hadir tanpa keluar rumah,” tegas Yohan Limerta, CTO Cakap. (*)