EmitenNews.com - Garuda Indonesia (GIAA) terlibat aktif melindungi Snow Leopard. Berperan pada program konservasi breeding satwa dilindungi. Itu ditunjukkan dengan layanan pengangkutan live animals pada penerbangan GA089 rute Amsterdam-Jakarta tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada Minggu (26/9). 


Kala tiba di Jakarta, Snow Leopard betina bernama Maya tersebut langsung dibawa menuju Batu Secret Zoo Malang, Jawa Timur (Jatim). Melalui jalur darat mendapat pantauan penuh dari otoritas terkait. Pengangkutan satwa dilindungi itu, merupakan tindak lanjut hasil kerja sama Tierpark Berlin, dan Batu Secret Zoo untuk program konservasi breeding Snow Leopard, saat ini masuk kategori hewan dengan risiko kepunahan tinggi.


Partisipasi Garuda Indonesia terhadap program konservasi Snow Leopard di Indonesia itu, merupakan manifestasi dari visi sebagai national flag carrier untuk berperan aktif, terdepan dalam inisiatif program berwawasan environmental sustainability. ”Salah satunya melalui dukungan terhadap program konservasi satwa dilindungi,” “tutur Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.


Di tengah situasi penuh tantangan ini, inisiatif kolaboratif itu menjadi arti penting, dan partisipasi aktif Indonesia atas berbagai isu lingkungan hidup global. Itu direpresentasikan melalui keterlibatan Garuda Indonesia dalam menyediakan aksesibilitas layanan penerbangan aman dan terpercaya. ”Kami berkoordinasi intensif mengenai kesiapan seluruh dokumen persyaratan maupun prosedur pengangkutan, mengacu pada regulasi International Air Transport Association (IATA), peraturan karantina, dan kepabeanan di Indonesia,” ulas Irfan. 


Direktur Jatim Park 2 Ronny Sendjojo mengapresiasi dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap program konservasi Snow Leopard di Indonesia melalui kiprah jam terbang tinggi terhadap penanganan angkutan live animals. Aspek transportasi udara menjadi perhatian penting dalam proses pengangkutan itu, mengingat Snow Leopard tergolong hewan cenderung mudah stress sehingga butuh penanganan pihak berpengalaman. ”Kami bangga terlibat penuh program konservasi satwa dilindungi ini. Program konservasi itu, menjadi momentum penting bagi Batu Secret Zoo untuk menjalankan filosofi eksistensi sebagai taman wisata dan konservasi satwa modern yang memainkan peran penting dalam komitmen kelestarian lingkungan hidup,” ucap Ronny


Selanjutnya, dalam program konservasi ini, Garuda Indonesia jelang akhir 2021, akan kembali mengangkut Snow Leopard jantan nanti akan menjadi bagian dari breeding program satwa dilindungi tersebut. (*)