EmitenNews.com - PT Esta Multi Usaha (ESTA) bakal menjajakan right issue maksimal 1,6 miliar bernominal Rp100 per lembar. Saham baru itu, merepresentasikan maksimum 76,04 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah right issue. 


Saat bersamaan, Esta Multi menerbitkan waran Seri I maksimum 220,50 juta saham dengan nilai nominal Rp100 per lembar. Penerbitan jumlah saham akan bergantung pada keperluan dana, dan harga pelaksanaan right issue. Pemegang saham tidak melaksanakan haknya dapat terdilusi maksimum 71,7 persen, dan pemegang saham tidak melaksanakan waran seri I terdilusi maksimum 74,3 persen.


Dana hasil right issue, untuk mengakuisisi 159.950 saham PT Esta Prima Investama (EPI) bernominal Rp1.000.000 setara 99,97 persen. Sedang dana hasi waran seri I, untuk modal kerja perseroan. 


Sejatinya, pada 18 Februari 2022, Esta Multi usaha bersama PT Esta Utama Corpora (EUC) telah meneken perjanjian jual beli saham bersyarat untuk pengalihan saham. Di mana, Esta Multi sepakat, membeli saham Esta Prima Investama (EPI) milik EUC sesuai syarat dan ketentuan.


EPI setuju menerima Esta Multi sebagai pemegang saham baru dengan segala hak, dan kewajiban. Rencana Transaksi akan dilakukan menggunakan mekanisme Inbreng oleh EUC dalam pelaksanaan right issue. Untuk memuluskan aksi itu, Esta Multi akan menggeber rapat umum pemegang saham luar biasa pada 30 Maret 2022. (*)