EmitenNews.com - Menjalankan usaha jasa dan ketenagalistrikan melalui anak usaha, PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) secara resmi mengumumkan telah melakukan langkah ekspansi dengan mengakuisisi Saham PT Modern Kencana Makmur dan PT Modal Khas Indonesia oleh Perseroan di PT Sumatera Energi Lestari (SEL).


Merujuk pada keterangan resmi KEEN yang disampaikan kepada BEI, Rabu (26/1/2022), Dian Rachmandam selaku Corporate Secretary KEEN menyatakan, pada 24 Januari 2022 perseroan telah mengakuisisi Saham PT Modern Kencana Makmur dan PT Modal Khas Indonesia oleh Perseroan di PT Sumatera Energi Lestari (SEL).


Adapun secara detail PT Modern Kencana Makmur (MKM) PT MKM memiliki kepemilikan saham di PT SEL sebesar 41 persen. Perseroan telah melakukan pembelian saham PT MKM sebesar 90 persen atau 1890 lembar saham atau setara dengan nilai Rp 47.189.025.


Hubungan transaksi di antara para pelaku jual beli tersebut tidak ada hubungan afiliasi dalam transaksi tersebut. Sumber dana untuk pembelian itu berasal dari kas internal dan tujuan transaksi guna memperolehan Proyek PLTM Ordihulu.


Adapun PT Modal Khas Indonesia (MKI) PT MKI memiliki kepemilikan saham di PT SEL sebesar 49 persen. Pihak-pihak yang bertransaksi adalah Modal Khas Group SDN. BHD. (MKG), Teng Ah Kiong dan PT Kencana Energi Sejahtera.


MKG adalah pemilik saham di PT MKI sebanyak 732.350 lembar atau sebesar 97 persen. Perseroan telah melakukan pembelian saham PT MKI dari MKG sebesar 99,99 persen atau 732.349 lembar saham atau setara dengan nilai Rp9.669.987.505.


PT Kencana Energi Sejahtera adalah anak usaha Perseroan yang telah melakukan pembelian saham PT MKI dari MKG sebesar 0,014 atau 1 lembar saham atau setara dengan nilai Rp 13.245.


Teng Ah Hong adalah pemilik saham di PT MKI sebanyak 22.650 lembar atau sebesar 3 persen. Perseroan telah melakukan pembelian saham PT MKI dari Teng Ah Hong sebesar 100 persen atau 22.650 lembar saham atau setara dengan nilai Rp 299.999.250.


Hubungan transaksi antara PT Kencana Energi Sejahtera adalah anak usaha Perseroan. Sumber dana berasal dari kas internal dan Tujuan transaksi guna Perolehan Proyek PLTM Ordihulu.


Dengan kepemilikan saham Perseroan di PT MKM sebesar 90 persen dan di PT MKI sebesar 100 maka kepemilikan saham Perseroan di PT SEL menjadi 85,9 persen.


KEEN menegaskan tidak ada dampak yang material yang merugikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi , keuangan, atau kelangsungan usaha Perseroan.


Akuisisi saham ini turut menunjang kegiatan usaha Perseroan dan berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi Perseroan dan berkembang menjadi perusahaan yang dapat bersaing dengan perusahaan lain pada bidang usaha yang sama.