EmitenNews.com - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memuji kehebatan pebalap muda Sean Gelael. Putra pebalap senior Ricardo Gelael itu, tetap tenang menghadapi insiden kecelakaan saat mengikuti ajang Sprint Rally Meikarta 2021 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021). Ketua MPR yang karib disapa Bamsoet itu, mengungkap penyebab kecelakaan itu, bukan Sean, melainkan kondisi kendaraan yang mereka tumpangi.


Kepada pers, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (28/11/2021), Bamsoet menceritakan Sean Gelael mampu membalikkan posisi mobil dan membantunya keluar dari mobil yang ringsek. "Saya melihat bagaimana hebatnya seorang pembalap dalam keadaan sulit Sean Gelael tetap tenang dan membalikkan mobil yang miring menjadi lurus kembali. Kemudian membantu saya keluar."


Dari video yang diunggah Instagram Sean @gelaelized, Sabtu (27/11/2021), mobil Sean terlihat melaju dalam kecepatan tinggi. Jalanan di sekitar areal balapan ada bertanah merah dan bebatuan. Mobil balap yang ditumpangi keduanya --Sean Gelael di belakang kemudi, dan Bamsoet sebagai navigator di sampingnya-- melaju kencang, dengan suara mesin menderu.


Sean tampak kehilangan kendali ketika mobil yang ditumpanginya itu melewati jalan yang ada gundukan. Ketika melewati gundukan, seketika mobil Sean terbang dan terpelanting sebanyak tiga kali sebelum akhirnya terhempas kembali ke tanah, dan berhenti dalam posisi miring. Terlihat hanya dua roda yang menapak ke tanah. Mobil balap Sean dengan navigator Bambang Soesatyo itu, ringsek.


Meski demikian, Bamsoet dan Sean Gelael bisa dievakuasi keluar dari mobil dengan aman. Keduanya dalam kondisi baik-baik saja. Bamsoet bahkan sempat membuat video singkat tentang kondisinya di samping mobil yang ringsek tersebut. Masih dalam video yang sama, dalam pakaian pembalap lengkap dengan tutup kepala, berdiri di samping mobil balap, sambil mengangkat jempol tanda baik-baik saja.


"Ini mobilnya, tapi alhamdulillah saya dan Sean aman," kata Bamsoet.


Bambang Soesatyo mengatakan serangkaian peristiwa tak biasa itu terasa menyenangkan. Saat ini kondisi Bamsoet baik-baik saja. "Artinya kemarin suatu peristiwa yang excited bagi saya. Saya baik-baik saja. Saya dalam keadaan sehat walafiat. Alhamdulillah. Allah masih melindungi saya dan Sean Gelael."


Staf ahli anggota DPR RI itu, Dwi Nugroho, mengungkapkan, Bamsoet mengalami kecelakaan saat mengikuti ajang Sprint Rally Meikarta 2021. Kondisi keduanya dikabarkan baik-baik saja, meski mobilnya ringsek. "Iya. Ndak apa-apa. Ndak luka-luka. Lagi kejuaraan sprint rally. Driver-nya Sean Gelael, Mas Bamsoet navigator. Habis itu langsung ikut drifting sama Akbar Rais."


Sean Gelael, lewat akun Instagram-nya, Sean @gelaelized, juga mengungkap kondisinya dan Bamsoet baik-baik saja pascakecelakaan di ajang Sprint Rally Meikarta 2021 itu. "All smiles. All good," tulis Sean sambil mengunggah fotonya tersenyum bersama Bamsoet. ***