EmitenNews.com - Anak usaha PT. Nusantara Infrastructure Tbk. (META) yaitu PT. Margautama Nusantara melalui PT. Bintaro Serpong Damai (BSD) berencana untuk membangun jalan akses tol Makassar New Port (MNP) tahap I dan tahap II.


Menurut keterangan tertulis Dahlia Evawani Corporate Secretary META Senin (7/2) menuturkan bahwa PT. Margautama Nusantara yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol yang menaungi 4 badan usaha salah satunya melalui BSD merencanakan membangun jalan akses tol Makassar New Port (MNP) tahap I dan tahap II.


Untuk melaksanakan proyek tersebut BSD telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan akses MNP pada 7 Februari 2022 yang terletak di kelurahan Buloa dan Kaluku Bodoa Kota Makassar Sulawesi Selatan.


Pembangunan proyek jalan Akses TOL MNP tahap I dan tahap II dengan panjang 3,2 kilometer dengan kebutuhan lahan seluas 2,74 hektare ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan mulai dari arah pelabuhan lama menuju MNP. Sementara tahap kedua akan dilakukan dari bandara (jalan tol Makassar seksi IV) menuju MNP.


"Tahap pertama dan kedua dikerjakan bersamaan sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya. Jalan Akses tol MNP ini merupakan proyek Strategis nasional (PSN) pembangunan pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui badan usaha jalan Tol sedangkan pembebasan lahan dilakukan oleh PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo),"tutur Dahlia.


Dahlia menambahkan Pembangunan Jalan Akses Tol MNP ini sangat diperlukan untuk mendukung beroperasinya MNP, berdasarkan rencana Induk pelabuhan (RIP) pada tahun 2023 selanjutnya seluruh kegiatan bongkar muat peti kemas akan pindah dari pelabuhan lama ke terminal MNP.