EmitenNews.com - Chandra Asri (TPIA) menuntaskan transaksi afiliasi senilai Rp13,91 miliar. Tanah seluas itu, disewa dengan harga Rp15.600 per M2. Penyewaan atas tersebut dilakukan sepanjang tiga bulan mendatang.


Transaksi itu, melibatkan entitas usaha perseroan yaitu Chandra Asri Alkali (CAA), dan Krakatau Daya Listrik (KDL). CAA menyewa lahan KDL seluas 297.264 meter persegi (M2). Tanah milik KDL itu, berlokasi di Kawasan Industri Krakatau, Jalan Amerika I, Samangraya, Citangkil, Cilegon, Banten. 


Transaksi itu, dilatari CAA bergerak bidang industri kimia dasar anorganik khlor, dan alkali, butuh beberapa bidang tanah di Cilegon, Banten. Tanah tersebut dibutuhkan untuk persiapan pembangunan pabrik. KDL bergerak bidang industri listrik, dan jasa ketenagalistrikan, memiliki tanah dan bersedia menyewakan tanah kepada CAA. 


Tanah itu berlokasi dekat sumber tenaga listrik KDL, sehingga pasokan listrik ke area pabrik nanti akan lebih terjamin, dan stabil. Termasuk kala pekerjaan persiapan pembangunan pabrik. Oleh karena itu, tanah tersebut sangat strategis bagi CAA dengan menyusun rencana, dan merealisasikan pabrik nanti. Itu diyakini berdampak positif, memberi nilai tambah kepada pemegang saham, dan stakeholders. 


CAA memilih melakukan transaksi dengan KDL setelah mempertimbangkan sejumlah manfaat. Di sisi lain, tidak disangkal banyak lahan lain tidak terafiliasi dengan CAA, namun secara lokasi tidak strategis, dan tidak sesuai untuk persiapan pembangunan pabrik. (*)