EmitenNews.com - Lama mengidap diabetes dan kanker, aktris senior Mieke Wijaya akhirnya meninggal dunia pada Selasa (3/5/2022) malam. Selama bulan Ramadan 1443 Hijriah, ibunda artis Nia Zulkarnaen itu, dalam perawatan di rumah sakit, sampai akhirnya ajal datang menjemput. Perempuan 82 tahun itu, menyusul sang suami mendiang aktor Dicky Zulkarnaen, yang meninggal beberapa puluh tahun lalu.


“Insya Allah husnul khatimah mohon dimaafkan jika ada kesalahan mama,” kata Nia Zulkarnaen di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2022).


Nia Zulkarnaen mengatakan sebelumnya sang ibu mendapat perawatan di rumah sakit, karena penyakit diabetes hingga kanker. “Sempat sakit satu bulan dirawat di rumah sakit, selama bulan puasa.”


Nia Zulkarnaen meminta doa untuk mendiang ibunya. “Mudah-mudahan diampuni dosa-dosanya. Mudah-mudahan karyanya bisa dikenang selalu sebagai salah satu legenda perfilman Indonesia. Karena jiwa dan hatinya hanya untuk perfilman Indonesia.”


Mieke Wijaya termasuk salah satu bintang lawas dengan banyak prestasi. Sepanjang kariernya berkiprah di dunia akting, artis kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 17 Maret 1939 itu, mendapatkan nominasi beberapa penghargaan, termasuk tiga piala Citra Festival Film Indonesia dan memenangkan ketiganya.


Aktingnya diganjar piala Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 1967 untuk film Gadis Kerudung Putih dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di FFI 1975 dalam film Ranjang Pengantin.


Nama Mieke Wijaya melambung setelah membintangi film Tiga Dara (1957). Ia turut mengangkat kepopuleran sinetron Losmen Bu Broto yang tayang di TVRI tahun 1986.


Selamat jalan Mieke Wijaya, karya-karyamu akan selalu dalam kenangan. ***