EmitenNews.com - Buka KTT ASEAN 2023, Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk memperkuat kolaborasi. Tujuannya untuk menjaga kawasan sebagai Epicentrum of Growth atau pusat pertumbuhan.

 

"Dalam situasi ini, kita harus semakin memperkuat kolaborasi untuk menjaga ASEAN sebagai Epicentrum of Growth dan potensi ekonomi kita masih sangat besar," ujar Presiden Jokowi saat membuka ASEAN Leaders Interface with Representatives of ASEAN-BAC di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).

 

Optimisme Presiden Jokowi dilandaskan pada ekonomi ASEAN yang tumbuh di atas rata- rata dunia. Selain itu, adanya bonus demografi, serta kelas menengah (middle class) yang terus meningkat hingga mencapai 65 persen pada tahun 2020.

 

"Mari bergandengan erat menyusun agenda bersama untuk memastikan kawasan ini terus menjadi Episentrum of Growth," ujar Presiden Jokowi.

 

Kawasan ASEAN perlu mensyukuri bahwa dalam tiga tahun terakhir telah berhasil menghadapi pandemi COVID-19, berkat adanya kolaborasi antara pemerintah dengan dunia usaha.

 

Namun demikian, Presiden menyebut tantangan ke depan masih sangat berat. Risiko geopolitik masih besar, ditambah, lembaga keuangan di Amerika Serikat (AS) dan dunia sedang berjatuhan. Jadi, bagusnya tetap mewaspadai perkembangan yang ada. ***