EmitenNews.com - PT Astra International (ASII) menyuntik modal Jasamarga Pandaan Malang (JPM) senilai Rp1,83 triliun. Injeksi modal tersebut, dilakukan raksasa otomotif itu, melalui anak usaha yaitu Astra Tol Nusantara (ATN).


Transaksi afiliasi itu, telah diteken pada 13 April 2022. Di mana, pinjaman lunak tersebut dibanderol bunga 7,50 persen. Jatuh tempo pinjaman hingga 30 Desember 2022. ”Pinjaman tersebut untuk keperluan umum korporasi,” tulis Manajemen Astra International. 


Transaksi itu, dilakukan ATN dengan tujuan untuk memberi dukungan keuangan kepada JPM. Di mana pinjaman tersebut akan digunakan JPM untuk keperluan umum korporasi. Bagi ATN, pelaksanaan transaksi dengan pihak terafiliasi akan memberi manfaat finansial berupa adanya pendapatan bunga.


Sementara itu, bagi JPM akan ada efisiensi administrasi dibanding apabila pinjaman berasal dari pihak perbankan. ATN merupakan perusahaan terkendali Astra International. Di mana, lebih dari 99 persen saham ATN dimiliki secara langsung/tidak langsung oleh perseroan. ATN memiliki 49 persen saham JPM, dan 51 persen dikaveling Jasa Marga.


JPM membidangi penyelenggaraan proyek meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan Jalan Tol Pandaan-Malang, aktivitas jalan tol maupun usaha-usaha lain sesuai hukum, dan peraturan perundang-undangan berlaku. (*)