EmitenNews.com—PT Multi Makmur Lemindo Tbk berencana untuk melaksanakan Penawaran Umum dengan melakukan penerbitan sebanyak-banyaknya 925 juta saham biasa atas nama, atau sebanyak-banyaknya 27,01 persen dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan.


Perseroan mematok harga penawaran berkisar antara Rp100 sampai dengan Rp110 setiap saham atau sekurang-kurangnya sebesar Rp92,50 miliar dan sebanyak-banyaknya sebesar Rp101,75 miliar.


Perseroan secara bersamaan dalam Penawaran Umum ini akan menerbitkan sebanyak 832,50 juta Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 33,30 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. Setiap pemegang 10 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 9 Waran Seri I dimana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel


Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan oleh Perseroan ekspansi bisnis yang tanpa penggunaan untuk membayar utang.


Adapun secara rinci penggunaan dana IPO diperkirakan bakal terealisasi untuk pembangunan fasilitas pabrik baru PIPA PVC & HDPE serta FITTING PVC yang terletak di Komplek Industri Buditec, Kecamatan Jawilan, Cikande, Kabupaten Serang Barat dengan total keseluruhan luas bangunan pabrik seluas 10.952 meter persegi (Fasilitas Pabrik) sekitar Rp15 miliar.


Lalu ada juga alokasi sebesar Rp45 miliar yang akan digunakan untuk pembelian mesin dan fasilitas produksi serta fasilitas pendukung produksi dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan.

Sedangkan penggunaan Waran Seri I Perseroan akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja Perseroan dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi pipa PVC, pipa HDPE dan produk bahan bangunan (building material) lainnya.


Menilik dari industri yang digeluti data dari prospektusnya, perseroan memiliki prospek usaha dimasa mendatang yang cukup luas, dimana pembangunan properti yang cukup masif dilakukan oleh berbagai pihak, lalu banyak jua proyek strategis nasional yang akan di kejar target bahkan pembangunan IKN hingga Tol masih menjadi katalis positif untuk bisnis yang digeluti oleh calon emiten ini.


Perseroan mengklaim untuk proyek IKN akan masuk melalui BUMN yang ditunjuk seperti WIKA, PP, Hutama Karya dan Waskita Karya. Seperti diketahui kenaikan anggaran proyek infrastruktur melonjak hingga senilai Rp402 triliun pada 2023.


Pemerintah juga meningkatkan nilai proyek melalui pembiayaan kreatif (KPBU) dengan nilai sebesar Rp332,59 trilliun.


“Untuk terus mendukung bisnis yang berkelanjutan dan menyesuaikan dengan kondisi yang terus berkembang, Multi Makmur Lemindo membuka kantor cabang pemasaran di daerah yang belum memiliki agen atau distributor. sekurang-kurangnya kami akan membuka 8 Kantor Cabang dimana semuanya telah kami peta-petakan. Diharapkan rencana ini akan menyumbang naiknya omzet perseroan sebesar 40-50 persen,” ungkap Manajemen Multi Makmur Lemindo.


Pada 2023, corporate akan merealisasikan Kerjasamanya dengan beberapa distributor besar yang selama ini masih penjajagan. Agen2 tersebut ada di Jawa Tengan & Jawa Timur untuk berbagai macam produk seperti Pipa PVC, Pipa HDPE, Talang PVC, dan Fitting PVC & Lem PVC.


Bahkan, calon emiten ini melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi ke sektor Pertanian dan perkebunan atas penggunaan produk pipa PVC dalam 10 tahun terakhir telah tumbuh sangat besar. Perkebunan Sawit dan Sayuran Hidroponik adalah penyumbang terbesar atas naiknya penggunaan pipa PVC.


Untuk menyasar industri peternakan dan perikanan, Multi Makmur Lemindo telah menyiapkan strategi bisnis lain, dimana penggunaan kayu untuk lantai pada kandang ayam costnya sangat besar karena cepatnya proses pembusukan pada kayu tersebut. Penggunaan Lantai PVC Board saat ini telah menjadi pilihan utama oleh para pengusaha peternakan ayam karena daya tahannya yang jauh lebih lama dan anti pembusukan


Sebagai gambaran dasar, PT Multi Makmur Lemindo Tbk didirikan dengan nama CV. Multi Makmur Lemindo pada Juni 2005 yang kemudian pada Januari 2012 berubah nama menjadi PT Multi Makmur Lemindo


Memasarkan produk bahan bangunan, seperti pipa PVC, Fitting PVC, PVC Hose, Ember Cor dan Tangki Air. Saat ini perseroan memiliki fasilitas produksi di Kedaung dan wilayah pemasaran produk meluas sampai seluruh pulau Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi. Untuk varian, perseroan memiliki beragam produk dengan merek-merek yang dipatenkan.