EmitenNews.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni membagikan kabar gembira. Maskapai penerbangan Citilink akan beroperasi di Bandara Gatot Subroto Way Kanan, Sumatera Selatan, jika kembali dioperasikan secara komersial. Untuk sementara maskapai anggota Grup Garuda Indonesia itu, akan terbang dua kali seminggu rute Jakarta-Way Kanan.

Dalam keterangannya yang dikutip dari InfoPublik, Rabu (27/3/2024), Agus Fatoni mengatakan, Tim dari Provinsi Lampung dan Sumsel, juga Way Kanan sudah sudah bertemu dengan Dirut Citilink. Pertemuan membahas tentang penerbangan Way Kanan.

“Sudah disetujui bahwa Citilink akan beroperasi dari Halim ke Way Kanan,” kata Agus Fatoni.

Kalau akhirnya semua itu terealisir, tentunya merupakan sebuah kabar gembira bagi seluruh pihak yang memperjuangkan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. 

Rencananya maskapai Citilink akan beroperasi selama dua kali dalam seminggu dengan rute Jakarta - Way Kanan.

“Dalam seminggu dua kali penerbangan, pada jam yang bagus. Dari Halim jam 10.00, terus langsung kembali jam 11.00 lewat dari Way Kanan. Jadi ini dalam seminggu akan dilaksanakan dua kali,” ucap Agus Fatoni.

Harapannya, rute penerbangan tersebut dapat segera beroperasi. Paling tidak, sebelum momen Lebaran 2024, tiba. Namun, kata Agus Fatoni, hal tersebut tentunya baru bisa direalisasikan tergantung kesiapan seluruh pihak.

Untuk itu, Agus Fatoni meminta kesiapan seluruh pihak, untuk segera melakukan pergeseran anggaran yang telah disepakati dalam MoU sebelumnya.

Baik itu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan, Pemprov Lampung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU). Juga Pemkab OKU Selatan, Pemkab OKU Timur dan Pemkab Lampung Barat.

“Kalau cukup bisa langsung dilakukan pergeseran anggaran untuk dialokasikan ke bantuan keuangan bersifat khusus ke Way Kanan dan dari Way Kanan bisa mekanisme subsidi kepada maskapai,” sambungnya.

Dalam Rapat Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto pekan lalu, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saipul menyambut baik kabar gembira tersebut. Terkait anggaran, pihaknya telah menyiapkan khusus untuk pengoperasian Bandara Way Kanan Gatot Subroto.

Hadir sejumlah pejabat dalam rapat tersebut. Di antaranya, Kepala Bappeda OKU Luqmanul Hakim, Kadishub OKU Selatan Harsen, Kepala BPKAD OKU Timur, Perwakilan BPKAD Sumsel, Perwakilan Pemkab Lampung Barat.

Lainnya, Kadishub Pemprov Lampung, Kadishub OKU, Kadishub Pemprov Sumsel, Kasubdit Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah II Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Fernando H Siagian dan Kasubdit Dukungan Teknis Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri Muhammad Valiandra dan lain sebagainya. ***