Bantuan ini manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. Karena sebelumnya warga mengambil air untuk berbagai kegiatan, seperti masak-memasak, mandi, dan kegiatan lainnya, menggunakan air Sungai Lamandau, terutama permukiman yang berada di tepi sungai. 

 

Menurut Wesly perusahaan juga berkomitmen meningkatkan kualitas SDM masyarakat, dengan memberikan bantuan pendidikan. PT SML menyelenggarakan program beasiswa. Sejauh ini, empat putra-putri daerah sedang dan telah menyelesaikan pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri. ”Dalam program beasiswa ini PT. SML memberikan bantuan biaya pendidikan, biaya hidup, biaya pemondokan dan biaya keberangkatan ke kota tempat mereka menuntut ilmu.” 


SML juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lamandau dalam program Community Development. Bentuknya antara lain memberikan bantuan beasiswa kepada dua orang putra-putri daerah, setiap tahun diberangkatkan untuk menempuh pendidikan tinggi. Ini sudah dimulai dari tahun 2020.

 

“Perusahaan dalam menyalurkan bantuan, prinsipnya tidak semata untuk menjamin ketersediaan lapangan kerja bagi penerima beasiswa. PT SML membebaskan mereka untuk bekerja di sektor mana pun sesuai minat dan bakat masing-masing,” kata Manager Plasma, Perizinan, Komunikasi dan CSR PT. SML, Wesly Altie Hasibuan. ***