EmitenNews.com - Ini bentuk kepedulian PT. Sawit Mandiri Lestari (SML) kepada masyarakat. SML memberikan dukungan dan bantuan terhadap berbagai kegiatan masyarakat, baik sosial kemasyarakatan, sampai infrastruktur. Terutama dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan. Bentuknya antara lain SML memperbaiki prasarana jalan di Desa Kinipan, dan desa lainnya sepanjang sekitar 40 kilometer.

 

“Kesejahteraan yang diperoleh perseroan didistribusikan kembali kepada lingkungan dan masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit hingga tingkat nasional. Karena itu, pengelolaan perkebunan kelapa sawit harus efisien dan efektif guna menghasilkan pengelolaan berorientasi peningkatan ekonomi,” urai Manager Plasma, Perizinan, Komunikasi dan CSR PT. SML, Wesly Altie Hasibuan, Jumat (22/10/2021).

 

Pembangunan perkebunan kelapa sawit harus selaras dengan Kesejahteraan lingkungan. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT SML menyalurkan berbagai bantuan, bentuknya beragam. Dari pengadaan sarana air bersih, perbaikan jalan, pendidikan, ekonomi, program plasma, sosial budaya serta keagamaan. Salah satunya jalan di beberapa desa. 

 

Perbaikan jalan desa ini penting. Pasalnya, jika musim hujan tiba, masyarakat sangat kesulitan. Salah satunya di Desa Kinipan, Kecamatan Batang Kawa, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Karena, jalan tanah selain sulit dilalui, juga membahayakan pengendara yang melintas. PT. Sawit Mandiri Lestari berinisiatif membangun akses jalan tersebut.

 

Dari analisa lapangan di Desa Kinipan itu, kerusakan terjadi di sejumlah titik akibat lapisan tanah laterit terkelupas. Jalan tergerus air hujan hingga menjadi licin dan sulit dilewati, sehingga menghambat aktivitas masyarakat setempat. PT. SML segera memperbaiki akses jalan di Desa Kinipan, dan di desa lainnya, seperti  Desa Batu Tambun, dan jalan akses Kecamatan Batang Kawa sepanjang sekitar 40 kilometer.

 

Wesly Altie Hasibuan mengungkapkan, saat ini warga sudah dapat melewati jalan rusak tersebut dengan aman. Manfaat dari perbaikan diterima positif oleh warga sekitar perusahaan. Di antaranya, dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa. Perdagangan, atau belanja dari desa ke kota kecamatan, atau ke kota kabupaten, sudah lancar. 

 

“Selain itu dapat memperlancar kegiatan ekonomi dan menjadikan komunikasi bisnis lebih efektif antardesa. Aktivitas warga dari satu daerah ke daerah lain berjalan lebih cepat, sehingga waktu yang ada efektif dan efisien,” tambah Wesly Altie Hasibuan.

 

Untuk mengatasi kesulitan warga, PT SML juga menginisiasi pengadaan sarana air bersih, seperti di Desa Karang Taba, yang berlokasi di wilayah operasional perusahaan, dan menjadi salah satu desa mitra perusahaan. SML berkomitmen meningkatkan kualitas kehidupan dan perekonomian masyarakat desa, seperti di Karang Taba, dan desa lainnya itu.

 

Wesly menceritakan, perusahaan berperan dalam pengadaan, dan penyediaan air bersih, beserta seluruh peralatan instalasi dan tanki penampungannya. Program ini diterima langsung oleh Kepala Desa di halaman Kantor Desa Karang Taba. SML menyalurkan satu set instalasi sumur bor dan dua tanki air pada warga desa. “SML ikut senang bisa mengatasi kesulitan warga dalam memperoleh air bersih.”