EmitenNews.com - Wulandari Bangun Laksana (BSBK) memborong lahan senilai Rp99,97 miliar. Lahan seluas 11.7000 meter persegi (m2) itu untuk pembangunan The Mansion Apartment. Lahan kosong itu, terletak di Balikpapan, kota penyangga Itu Kota Negara (IKN) Nusantara. 


Proyek The Mansion Apartment diestimasi mulai pembangunan pada 2025. Estimasi penuntasan proyek yaitu pada 2028. Proyek The Mansion Apartment terdiri dari 6 tower masi-masing 12 lantai dengan total unit 1.475. Proyek menempati luas area 12 ribu m2 dengan luas bangunan 12.813 m2.


Saat ini, perseroan sudah melakukan proses akta jual beli, dan balik nama sejak pengesahan PKKPR di lokasi tanah yang dibeli berdasar ketentuan kementerian Agraria soal pembelian tanah perseroan. 


Per 30 Juni 2023, perseroan membukukan pendapatan senilai Rp155,6 miliar atau 28,51 persen dari proyeksi pendapatan per 31 Desember 2023. Lalu, membukukan laba tahun berjalan Rp13,13 miliar atau 6,4 persen dari proyeksi laba tahun berjalan per 31 Desember 2023. 


Rendahnya realisasi pendapatan, dan laba tahun berjalan antara lain disebabkan realisasi penyewaan tenant mall, bangunan belum maksimal, dan peningkatan pendapatan melalui peningkatan tarif sewa belum dapat direalisasikan. Perseroan menghadapi hambatan berupa pelanggan baru terbatas yang mau berinvestasi baik dengan melakukan pembelian unit apartemen, condotel, dan investasi usaha di kawasan mal perseroan.


Perseroan menghadapi tantangan bagaimana meyakinkan pelanggan baru untuk dapat berinvestasi lebih awal di kawasan perseroan. Di mana, Kota Balikpapan sebagai kota penyangga untuk IKN. Perseroan dalam perencanaan juga menaikkan tarif sewa, dan service charge kepada pelanggan, kemampuan bayar pelanggan menjadi pertimbangan untuk mengevaluasi kenaikan harga produk perseroan. (*)