EmitenNews.com - Akses pembiayaan masih menjadi tantangan untuk mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan mitra warung. Untuk itu, PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau Bank BNI untuk menghadirkan fasilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

 

Dengan adanya kerjasama Surge dengan BNI, Mitra UMKM dan mitra warung dapat mengakses pembiayaan dengan suku bunga sangat rendah yakni 6% per tahun, dengan tenor hingga 3 tahun. Harapan besarnya, program ini dapat mendorong jutaan bisnis mitra UMKM dan mitra warung naik kelas dan membangkitkan gairah ekonomi mikro di seluruh Pulau Jawa. 

 

Seperti yang diketahui, Surge melalui entitas anak usahanya, PT Jaringan Logistik Indonesia (JLI), saat ini telah mengelola puluhan gudang Koperasi Unit Desa (KUD). Hanya dalam waktu 7 bulan beroperasi, Surge telah memiliki lebih dari 22 ribu mitra yang terdiri dari UMKM maupun mitra warung yang menjual kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Kerjasama ini tentunya akan mendorong kinerja pendapatan Surge karena berkembangnya aktivitas dan volume transaksi UMKM yang menjadi mitra Surge.

 

CEO Surge Hermansjah Haryono menyampaikan, sejak awal tahun 2021, Surge mendorong tumbuhnya ekonomi mikro di daerah dengan program konsinyasi bersama ribuan UMKM dan mitra warung di daerah. Dengan mudah, mitra UMKM dan mitra warung dapat membeli stok barang-barang pokok sehari-hari melalui Linistore dengan harga yang sangat kompetitif. 

 

“Lewat fasilitas pembiayaan melalui program KUR BNI, mitra UMKM dan mitra warung akan lebih mudah memperbesar skala bisnis usaha mereka. Bersama BNI dan beberapa bank lainnya, kami menargetkan lebih dari 5 juta mitra UMKM dan mitra warung yang dapat mengakses fasilitas pinjaman murah ini dan memajukan perekonomian di daerah lewat teknologi,” kata Dia, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/1/2022). 

 

Untuk dapat mengakses fasilitas ini, mitra UMKM dan mitra warung harus sudah terdaftar dan bertransaksi terlebih dahulu pada aplikasi marketplace distributor dari Surge, Linistore. Surge juga membuka kesempatan untuk UMKM dan warung baik yang usahanya baru saja berjalan hingga usaha yang telah berjalan untuk bergabung menjadi mitra. Surge akan mengkurasi mitra UMKM dan mitra warung berdasarkan data penjualan harian serta memberikan rekomendasi tersebut kepada BNI untuk proses kredit yang diajukan oleh mitra warung. 

 

Dorong Misi Korporasi untuk Penuhi Kebutuhan Harian (Daily Needs) Masyarakat Lewat Teknologi Program pembiayaan Surge merupakan kelanjutan kerjasama Surge melalui entitas anak usahanya PT Jaringan Logistik Indonesia (PT JLI) bersama Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) pada awal 2021 dalam mengembangkan potensi ekonomi mikro di daerah. 

 

Kerjasama ini mendorong integrasi gudang-gudang KUD untuk dimanfaatkan sebagai solusi lengkap secara end-to-end bagi mitra UMKM, mitra warung dan lainnya. Gudang-gudang ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan dan distribusi stok barang pokok melalui program konsinyasi pada marketplace Linistore.

 

Data dari laporan World Bank mengenai Ease of Doing Business 2020, Indonesia masih menjadi peringkat ke-48 dalam hal kemudahan memperoleh kredit UMKM. Pemerintah baru-baru ini sudah menargetkan peningkatan porsi kredit UMKM dari perbankan mencapai 30 Persen dari total kredit perbankan di 2024, dari posisi saat ini yang baru mencapai kisaran 18 persen.