EmitenNews.com—PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berencana melancarkan aksi korporasi berupa penerbitan obligasi hijau (green bond) pada tahun ini.

 

"Memang di tahun 2023 ini sudah ada melakukan penerbitan green bond merupakan inisiatif yang terkait dengan sustainability dan green financing," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam Konferensi Pers Virtual, Selasa (14/3/2023).

 

Menurut Darmawan, aksi korporasi ini akan membentuk pendanaan yang stabil dalam jangka menengah dan panjang serta memperluas basis investor untuk bank mandiri kedepan.

 

Bank Mandiri juga selalu mengupayakan penggunaan modal yang optimal untuk meningkatkan value bagi shareholder, lanjut Darmawan, pihaknya selalu mengevaluasi strategic opportunities yang dapat meningkatkan business advantage.

 

"Aksi korporasi dapat menjadi salah satu upaya untuk dilakukan mencapai hal tersebut," katanya.

 

Namun, Mandiri mengakui memang kajian masih terus dilakukan tetapi belum ada keputusan yang konkret untuk kita melakukan apa itu merger akuisisi atau pertumbuhan anorganik.

 

"Berikut juga rencana penerbitan obligasi di tengah kondisi perekonomian yang memang uncertainty, bank mandiri terus menjaga pemenuhan rasio likuiditas dan optimalisasi pendanaan yang dimiliki," jelas Darmawan.