EmitenNews.com - Anggota Komisi VIII DPR RI Luqman Hakim mengusulkan edukasi mengenai Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masuk kurikulum pendidikan. Kasus kekerasan dalam rumah tangga yang diduga dilakukan artis Rizky Billar terhadap istrinya, pedangdut Lesti Kejora, menyentak publik. Pasalnya, selama ini rumah tangga pasangan yang sudah dikaruniai satu anak itu, terlihat mesra, dan harmonis. Lesti sudah melaporkan suaminya ke polisi.


Dalam keterangannya kepada pers, seperti dikutip Minggu (2/10/2022), Luqman Hakim mengatakan, edukasi tentang KDRT akan lebih baik jika menjadi bagian dari substansi kurikulum dalam sistem pendidikan nasional. Ia mengusulkan, ihwal KDRT menjadi bahan pengajaran dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.


Menurut Luqman korban terbanyak dari fenomena KDRT adalah kaum perempuan. Ia mengaku prihatin atas apa yang menimpa Lesti Kejora, dan perempuan lain yang menjadi korban KDRT. Ia menilai hal itu sangat menyedihkan dan memprihatinkan. KDRT dalam keluarga pesohor, kata dia, dapat dibaca sebagai cerminan dari realitas masyarakat yang sebenarnya.


“Penegakan hukum yang tegas atas berbagai kasus KDRT harus dilakukan oleh aparat hukum," katanya.


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menyebutkan, bercermin dari kasus KDRT Rizky Billar terhadap Lesti Kejora, perlu ada edukasi pranikah untuk mencegah KDRT. "Sebaiknya sebelum pernikahan perlu adanya edukasi pra pernikahan terutama pencegahan terhadap KDRT yang sudah memiliki undang-undangnya."


Seperti sudah ramai diberitakan, Lesti Kejora dan Rizky Billar terlibat pertengkaran yang berujung terjadinya KDRT. Bahkan pasangan selebriti muda ini, disebutkan bertengkar sampai dua kali dalam sehari, sebelum akhirnya meletus kasus KDRT tersebut.


Pertengkaran pasangan muda ini diawali adanya isu perselingkuhan Rizky Billar. Lesti Kejora yang mencium perselingkuhan suaminya itu, berusaha meminta klarifikasi, hingga akhirnya keduanya bertengkar hebat.


Permintaan Lesti untuk dikembalikan ke orang tuanya, memicu emosi Rezky Billar. Seperti diungkap pihak Polres Jakarta Selatan, dalam pertengkaran itu, Rizky melakukan kekerasan. Lesti yang bertubuh kecil, dicekik, dan dibanting ke lantai sampai beberapa kali.


Akibatnya, sampai Minggu (2/10/2022), Lesti Kejora mengalami sakit, hampir di seluruh tubuhnya. Pedangdut yang terkenal dari ajang pencarian bakat itu, kini menjalani perawatan di rumah sakit, untuk memulihkan kesehatannya.


Atas laporannya itu, polisi menjadwalkan pemeriksaan Rizky, juga Lesti, dan para saksi, mulai pekan depan. ***